• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebanyak 251 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) dikerahkan untuk memastikan kelancaran perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru 2024.

Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena mengatakan seluruh stakholder TNI, Polri, Dishub, Kesbangpol, BPBD, Damkar, Satpol PP dan elemen masyarakat melaksanakan patroli gabungan berskala besar. Tujuannya untuk memberikan rasa aman kepada seluruh saudara saudara umat nasrani yang melaksanakan ibadah perayaan natal.

"Jadi untuk pengamanan natal dan tahun baru kita terjunkan sebanyak 251 personil Polri. Dari satker lain ada dari TNI, Dishub, Kesbangpol, Damkar, dan ada dari Pramuka ada sekitar 196 personil. Kemudian saat ini kita ada 187 gereja yang melaksanakan ibadah keagamaan." ujar AKBP Hari Rosena Minggu (24/12/23) malam.

Ia menyebutkan bahwa, jemaah yang besar itu ada di Jalan Maduningrat itu ada 4 gereja, 1 katolik dan yang 3 kristen total ada 3000 an jamaah gereja. Untuk pelaksanaanya ada yang sudah dari jam 7 melaksanakan sampai jam setengah 9 malam sudah mulai bubar. Ada juga yang baru mulai setengah 9.

Untuk sementara situasinya kondusif, dan dari arahan Kapolda dan Pangdam. Bahwa kita difokuskan mulai dari berangkat sampai pulang lagi itu harus aman. Bukan hanya jemaat saja tetapi juga ada orang yang berwisata.

"Karena kebetulan ini juga libur. Jadi saya harapkan aparat bisa dibantu oleh masyarakat khususnya di wilayah Kukar." jelasnya.

Ia menambahkan untuk rute patroli, yakni mulai dari Jalan Ahmad Yani, Jendral Sudirman, Maduningrat, gereja-gereja yang melaksanakan ibadah, jalan-jalan yang rawan gangguan kamtibmas maupun anak-anak yang melakukan balap liar.
Sementara Dandim 0906 Kukar Letkol Inf Jeffry Satria menambahkan, dalam pengamanan ini pihaknya menggelar ada pengamanan di pos pos terpadu, total ada 16 pos tapi yang 3 pos terpadu yakni Pos Lembusuana, Pos Kumala dan Pos Loa Kulu dari TNI Kodim mengerahkan sekitar 30 personil untuk membantu kepolisian, sisanya sekitar 121 personil standbay di Koramil masing-masing beserta jajaran polsek.

"Karena kita ada 187 gereja yang melaksanakan ibadah. Harapannya sesuai harapan Kapolda, mereka sebelum menuju tempat ibadah sampai kembali pulang bisa berjalan dengan aman tertib dan lancar." ungkapnya.

Lanjutnya, terutama kepada umat kristiani dan nasrani supaya mereka bisa merayakan natal tahun ini dengan hidmat dan juga masyarakat yang melaksanakan liburan juga bisa merasakan keamanan. Pada intinya TNI Polri kita bahu membahu dalam rangka menjaga kondusifitas di wilayah. (dri)

Pasang Iklan
Top