• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengadakan Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kutai Kartanegara tahun 2025-2045. Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Lantai 1 Bappeda Kukar, Jum'at (22/12/23).

Acara tersebut bertujuan sebagai refleksi pembangunan sebelumnya serta sebagai langkah awal menuju pembangunan yang lebih maju dan berkelanjutan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat Kukar atas kontribusinya dalam proses pembangunan sebelumnya. Dia menekankan bahwa pembangunan yang telah terjadi adalah pondasi bagi langkah-langkah ke depan dalam periode 2025-2045.

"Meskipun Kabupaten Kukar telah mengalami kemajuan, kami menyadari bahwa masih ada titik-titik lemah yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Kabupaten ini memiliki karakteristik ekonomi yang didominasi oleh sektor pertambangan dan penggalian, yang memberikan tantangan tersendiri." ujarnya

Namun, Sunggono percaya bahwa dengan perencanaan komprehensif dan dukungan dari seluruh masyarakat, potensi sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Kukar dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, hal ini juga membutuhkan fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur dasar.

Dalam rangka merumuskan langkah kebijakan ke depan, RPJPD Kutai Kartanegara harus melibatkan semua pihak dalam kesetaraan, mengingat RPJPD merupakan konsensus seluruh masyarakat. Sunggono menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menyampaikan pandangan dan saran secara konstruktif.

"Saya berpesan agar diskusi tidak hanya terbatas pada forum ini saja, tetapi dapat berlanjut secara interaktif melalui platform "Ruang Runding Kutai Kartanegara", yang telah dibangun atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Hal ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi partisipasi dan perencanaan bersama demi pembangunan yang lebih baik di masa depan." pungkasnya. (dri)

Pasang Iklan
Top