• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Plt Asisten III Setkab Bidang Administrasi Umum Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Hariyanto menyerahkan penghargaan dan apresiasi kepada pemenang lomba Kepustakawanan dan peningkatan literasi masyarakat, bertempat di Pendopo Odah Etam Tenggarong Selasa (12/12/23).

Kegiatan Kepustakawanan dan Peningkatan Literasi Masyarakat tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2023 tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar.

Dafip Hariyanto memberikan apresiasi, penghargaan, dan ucapan selamat, kepada penerima anugerah, serta kepada seluruh peserta dan pemenang lomba.

"Apresiasi dan penghargaan yang kita berikan tersebut tidak sebatas berkaitan dengan event lomba yang diselenggarakan. Akan tetapi, hal tersebut kita berikan karena berangkat dari kesadaran, bahwa peningkatan literasi, termasuk yang berkaitan dengan memajukan perpustakaan, merupakan pondasi dan modal utama kita untuk meraih kemajuan pembangunan, serta kejayaan bangsa." ungkapnya.

Ia menambahkan untuk mencapai target yang paling optimal dari peningkatan literasi tentu membutuhkan perjuangan, kerjasama, dan harus saling betulungan.

"Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini Saya mengajak kepada hadirin sekalian untuk menyatukan diri dalam perjuangan." ujarnya.

Sementara Kepala Diarpus Kukar Hj Aji Lina Rodiah mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong budaya baca dan peningkatan literasi masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang pernah dilaksanakan sebelumnya yaitu pemberian penghargaan untuk duta baca pelajar dan pemilihan pegiat literasi serta penulis buku

"Untuk mewujudkan idaman kukar membaca dimasa yang akan datang harapan kami semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan berbagai kategori lomba yang lebih banyak lagi." ujarnya.

Ia mengungkapkan kegiatan ini adalah salah satu program pembinaan perpustakaan pada semua jenis dan jenjang perpustakaan yang ada di Kabupaten Kukar. Tema dalam kegiatan ini adalah idaman kukar membaca

Adapun jenis kategori yang dilombakan sebagai berikut
1. Lomba bertutur bagi siswa SD dan MI tingkat Kabupaten Kukar
2. Lomba perpustakaan sekolah tingkat SD dan MI Kukar
3. Lomba perpustakaan tingkat SMP dan MTS Kukar
4. Lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA Kukar
5. Lomba perpustakaan Desa dan Kelurahan kukar
6. Lomba penulisan lisensi guru elektronik dan koleksi perpustakaan digital kukar tingkat SMA, SMK, MA se Kukar
7. Lomba penyusunan konten kreatif sosial media dan instagram dengan tema Kukar gemar membaca untuk generasi idaman dengan peserta untuk umum.

Selain 7 kegiatan lomba tersebut Diarpus melalui bidang pengembangan perpustakaan dan kebidayaan kegemaran membaca juga memberikan apresiasi dengan kategori

"Pemberian apresiasi penghargaan totalitas dan kerjasama dalam memberikan pendampingan dan pembinaan perpustakaan kepada sekolah sampai terakreditasi. Dan pemberian apresiasi penghargaan kepada pegawai ASN dan Non ASN untuk loyalitas kinerja dan kontribusi dalam penggunaan dan layanan di bidang perpustakaan." pungkasnya. (dri)

Pasang Iklan
Top