• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Lurah Baru Bayu Ramanda)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong merealisasikan Program dedikasi Pemantapan Konektivitas Wilayah, salah satunya kini fokus kepada perbaikan infrastruktur.

Menurut Lurah Baru, Bayu Ramanda, hal ini sesuai dengan visi misi Bupati Kukar atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, salah satunya PemerintaH Kabupaten Kutai Kartanegara serius dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya melalui perbaikan infrastruktur dasar.

"Perbaikan infrastruktur yang kami fokuskan yakni jalan dan gorong-gorong, karena ini memiliki dampak signifikan terhadap kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Jalan yang baik tidak hanya mempermudah mobilitas, tetapi juga mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan kendaraan," terangnya.

Lurah Baru Bayu Ramanda mengatakan, konektivitas yang baik adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan suatu daerah. Dengan jalan yang baik, warga Kelurahan Baru akan lebih mudah mengakses berbagai fasilitas, seperti pusat kesehatan, sekolah, dan tempat-tempat usaha.

"Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi," imbuhnya.

Ia mengaku, selain meningkatkan kualitas layanan dan konektivitas, perbaikan infrastruktur juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Dengan semenisasi jalan, penggunaan material kayu ulin yang merusak lingkungan dapat dikurangi. Ini adalah langkah positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Infrastruktur jalan dan gorong-gorong di Kelurahan Baru, menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan kualitas infrastruktur dan konektivitas bagi masyarakat. Pemerintah Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong, telah berencana melakukan rehabilitasi infrastruktur ini melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Kukar," tuturnya.

Bayu Ramanda menambahkan, dalam upaya memperbaiki infrastruktur jalan dan gorong-gorong di Kelurahan Baru, kegiatan rehabilitasi ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar tahun 2023. Proyek ini mencakup perbaikan di RT 01, RT 15, dan beberapa wilayah lainnya.

"Kita melakukan perbaikan di RT 01, RT 15, dan sejumlah wilayah lainnya. Saat ini ada yang sudah rampung dan juga masih proses penyelesaian. Langkah ini bukan hanya sekadar perbaikan fisik, tetapi juga merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Kukar dalam meningkatkan kualitas infrastruktur layanan dan konektivitas bagi masyarakat," tuturnya.

Perlu diketahui, dalam misi ke-4 pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yakni Meningkatkan Kualitas Layanan Infrastruktur Dasar dan Konektivitas antar Wilayah dengan sasaran program ke-17 yakni memantapkan konektivitas wilayah.

Program tersebut merupakan dedikasi Kukar Idaman yang ditujukan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam rangka menjamin kelancaran komunikasi, informasi dan kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat yang lebih efektif dan efisien. Sasarannya adalah pembangunan pembangunan dan peningkatan jalan-jalan penghubung kecamatan hingga ke desa dan ke pusat-pusat produksi. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top