• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara di bawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin terus berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang kesulitan mendapatakan air bersih. Salah satu melalui Dedikasi Kukar Idaman yakni Program Air Bersih Desa.

Program Air Bersih Desa, ditujukan untuk menyediakan air bersih bagi wilayah yang tidak terjangkau oleh layanan air bersih PDAM. Caranya dengan mendorong BUMDesa sebagai pengelola air bersih secara mandiri. Selain itu juga dengan bantuan tandon untuk memberikan kemudahan akses penyediaan air bersih.

Salah satu desa penerima manfaat program tersebut adalah Desa Jonggon Jaya. Kepala Desa Jonggon Jaya Muhammad Kholil mengungkapkan bahwa belum lama ini menerima bantuan sebanyak 577 tandon berkapasitas 600 liter dari Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Perkim.

Dengan adanya bantuan tersebut, tentunya sangat membantu penyediaan sarana kebutuhan dasar air bersih bagi masyarakat khususnya di Desa Jonggon Jaya.

"Alhamdulilah warga kami merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan tandon ini, semoga dengan adanya tandon masyarakat bisa menampung air bersih sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari." ungkapnya

Ia menambahkan bahwa selama ini bantuan dari Pemkab Kukar sudah sangat luar biasa di Desa Jonggon Jaya, baik itu bantuan sapras pertanian hingga bantuan sarana air bersih. Semoga kedepan Program Kukar Idaman berjalan dengan baik dan mampu dirasakan oleh masyarakat.

Sementara Plt Kepala Dinas Perkim M Aidil mengatakan bahwa untuk program air bersih desa merupakan salah satu program prioritas pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Program ‘Kukar Idaman’ salah satunya penyediaan penampungan air bersih berupa tandon yang diperuntukkan

"Untuk realisasi bantuan tandon sudah hampir disetiap kecamatan mendapatkan. Belum lama ini Dinas Perkim memberikan bantuan bagi warga Jonggon Desa sebanyak 680 unit tandon dan 577 unit tandon bagi Jonggon Jaya Kecamatan Loa Kulu, masing-masing berkapasitas 600 Liter."tuturnya.

Dan bantuan tandon ini merupakan salah satu prioritas Kukar Idaman melalui program Air Bersih Desa dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat, pola hidup bersih wajib ditingkatkan,

"Kami berharap, bantuan berupa tandon air bersih yang diserahkan untuk masyarakat di Kukar ini bisa membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan air bersih dalam aktifitas sehari-hari. Kami juga berharap bantuan bisa digunakan dengan baik." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top