• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kabag Kesra) Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza mengatakan, selama tahun 2023 di bagian Kesra Setkab Kukar, sejak tahun lalu kami menjalankan 6 program desikasi Kukar Idaman, diantaranya Beasiswa Kukar Idaman, Beasiswa Seribu guru sarjana, rehabilitasi rumah ibadah, Kukar Berkah, Satu Desa satu Tahfidz dan Da'i Masuk Desa.

"Semua sudah berjalan, dan untuk Beasiswa Kukar Idaman tahap II akan dicairkan pada minggu kedua Desember 2023 ini," ujar Dendy, Senin (4/12/2023).

Dendy mengaku, pada Beasiswa Kukar Idaman tahap kedua ini melebihi target kuota yang telah ditetapkan.

"Dari 1.000 kuota yang dibuka, sebanyak 1.800 mahasiswa telah mendaftarkan diri. Dan mereka, adalah para mahasiswa yang tidak lolos di Beasiswa Kaltim Tuntas, mereka gugur di pengumuman tahap pertama dan beralih ke Beasiswa Kukar Idaman," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Beasiswa tahap kedua ini sedikit berbeda dari tahap pertama. Contohnya kategori stimulan, ada prestasi akademik yang syaratnya S1 minimal IP 3.0 dan SMA harus ranking 1-3. Kemudian stimulan prestasi non akademik, seperti Juara I MTQ, Juara I atlet, pemuda dan pramuka berprestasi. Lalu ada stimulan bagi pra sejahtera, yatim dan yatim piatu.

Ia memastikan, Beasiswa Kukar Idaman tahap II sudah memasuki tahap verifikasi validasi. Tim beasiswa Kesra Kukar bakal memastikan ke universitas terkait mahasiswa yang mendaftar masih berstatus aktif di perguruan tinggi masing-masing.

"Seperti memastikan mahasiswa aktif kuliah sesuai surat keterangan, kebenaran nilai IP dan semesternya harus sesuai dengan ketika mendaftar. Ada pembuktian dari perguruan tingginya. Karena memang ada beberapa yang lolos dengan catatan berkasnya kurang berstampel, jadi harus kita lakukan pembuktian," tuturnya.

Ia menambahkan, usai verifikasi faktual berakhir maka akan dilanjut ke tahap akhir, yakni pleno. Bagian Kesra pun melakukan percepatan di akhir November lalu untuk segera mengajukan penetapan SK Bupati di awal Desember 2023.

"Sebab, targetnya beasiswa sudah bisa dicairkan pada minggu kedua Desember," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top