• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Mewakili Kecamatan Tenggarong, RT 04 Kelurahan Maluhu berhasil masuk kategori tiga besar lomba RT se-Kukar yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Hal tersebut disampaikan Kepala DPMD Arianto saat meninjau kesiapan RT dalam mengikuti lomba tersebut. Kegiatan berlangsung di Bank Sampah Kelurahan Maluhu RT 04, pada Kamis (30/11/23).

Arianto mengatajan bahwa lomba tersebut dilaksanakan sebagai upaya mendukung program dedikasi Kukar Idaman 2021-2026, yakni "Program Kukar Bebaya" dalam rangka penguatan fiskal di Kelurahan dan Desa, melalui program dedikasi Kukar Idaman, Rp 50 juta per RT.

"Lomba ini baru pertama kali di laksanakan di Kukar dan ini sudah tahapannya penilaian tingkat kabupaten. Sebelumnya sudah dilakukan penilaian masing-masing kelurahan, kecamatan dan dikirimkan RT terbaiknya di Kabupaten. Kami sudah melakukan penilaian dan ini adalah tahap terakhir." ungkap Arianto kepada KutaiRaya.com Kamis (30/11/23).

Arianto menjelaskan lomba RT ini bagaian dari keinginan DPMD Kukar untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program 50 juta berbasis RT. Apakah dengan berjalannya dua tahun ini berdampak kepada pelayanan di Tingkat RT salah satunya melalui lomba ini untuk melihat kelengkapan dari administrasi RT, layanan yang sudah diberikan dan pembinaan lingkungan oleh RT itu akan dilihat.

"Nominasi RT yang masuk 3 besar ada di Kecamatan Samboja, Muara Badak dan Tenggarong.Hasil pengumuman pemenang akan disampakan pada minggu pertama bulan Desember 2023. Dan hadiah bagi pemenang nanti kita akan siapkan uang pembinaan yang bisa digunakan oleh RT."tuturnya.

Harapannya dari lomba ini adalah supaya RT paham apa yang harus ada di RT itu secara mendetail baik itu yang formal sesuai dengan ketentuan yang berlaku misalnya yang diatur dalam permendagri nomor 18 tahun 2021 terkait lembaga masyarakat sudah harus dipenuhi RT.

"Disisi lain kita ingin RT itu bisa berinovasi dan melakukan pelayanan yang lebih. Contohnya bagaiamana cara RT mendatangi warganya yang tidak mau ke Posyandu dan mengurus warga miskinnya." ucapnya.

Sementara Lurah Maluhu Tri Joko Kuncoro merasa bersyukur sekali Kelurahan Maluhu yang mewakili Kecamatan Tenggarong khusunya di RT 04 ini masuk kategori 3 besar. Jadi hari ini adalah penilaian di lapangan, apakah benar upload berkas atau dokumen - dokumen yang dikirim.

"Kemudian dicek keberadaan realnya dilapangan dan alhamdulilah yang dicek sudah masuk 3 besar. Dengan masuknya kelurahan maluhu di 3 besar kami sangat bersyukur mudah-mudahan mendapat yang terbaik."katanya.

Untuk mengikuti lomba ini, RT 04 memiliki keunggulan termasuk keberadaan bank sampah, kebersihan lingkungan, keberadaan taman, ruang ramah anak, pemanfaatan pekarangan rumah dan lainnya.

"Alhamdulilah kegiatan lomba ini bisa berjalan dengan baik termasuk ke kompakan warganya. Harapan kami di seluruh RT khusunya di kelurahan maluhu ini bisa mulai merapikan administrasinya, keberadaannya serta lingkungannya di jaga dengan baik, kekompakan dan lain-lain karena ini sangat berperan terkait perlombaan ini terutama administrasi dan dokumen-dokumen yang disiapkan oleh pengurus RT masing-masing."tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top