• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin saat menyalurkan bantuan untuk masyarakat perikanan, berupa mesin kerinting kepada beberapa kelompok nelayan di Muara Wis.Foto:Ist)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Program Kukar Idaman merupakan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin, yang tercantum dalam RPJMD 2021-2026, dan program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kutai Kartanegara.

Terbaru, masyarakat Kecamatan Muara Wis yang mendapatkan manfaat dari Program Kukar Idaman tersebut. Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menyalurkan bantuan untuk masyarakat perikanan, berupa mesin kerinting kepada beberapa kelompok nelayan di Muara Wis, Selasa (28/11/2023).


Perlu diketahui, untuk bantuan ini diberikan 56 Unit Mesin Ketinting untuk Kelompok Nelayan di Kecamatan Muara Wis yaitu kelompok Bina mas Desa muara Wis sebanyak 10 unit, kelompok Ranggas Desa Muara Wis sebanyak 14 unit, kelompok Ranggas Manok Desa Sebemban sebanyak 12 unit, Kelompok Sarang Kojo Desa Sebemban sebanyak 10 unit dan Kelompok Tabengan Tiang Desa Sebemban Sebanyak 10 unit.

Salah satu nelayan penerima bantuan M. Jahrul mengaku, sejak 2021 lalu pihaknya pernah mengajukan proposal permohonan, baru kali ini bantuan dapat terealisasi.

"Alhamdulillah, akhirnya bantuan bisa terealisasi. Bantuan tersebut sangat berarti bagi ia dan nelayan lainnya untuk mencari nafkah, " ujarnya.

Ia memastikan, dirinya dan nelayan lainnya di Muara Wis akan menggunakan bantuan ini untuk aktivitas mencari ikan, kami akan rawat dan manfaatkan sebaik-baiknya, kamu juga berharap kedepannya Pemkab Kukar dapat mengalokasikan bantuan berupa perahu.

"Mudah-mudahan ada bantuan lagi, kita harap ada bantuan perahu. Tapi, kami ucapkan terima kasih banyak kepada Pak Wakil atas penyerahan mesin ini," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menjelaskan, mengenai bantuan yang disalurkannya kali ini terkait dengan program Kukar Idaman yang menjadi visi misi Edi-Rendi, di mana terdapat 23 program dedikasi di dalamnnya. Dan, 25 ribu nelayan produktif menjadi salah satu program unggulan yang terus gencar dilakukan di setiap kecamatan.

"Perikanan di Kukar ini meliputi banyak sektor, ada nelayan tangkap, budidaya keramba, hingga budidaya laut. Jadi, ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin," imbuhnya.

Ia menambahkan, terkait dengan program 25 ribu nelayan produktif, ini akan menjadi salah satu penopang perekonomian. Selain meningkatkan potensi perikanan, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pastinya ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, saya berjanji akan kembali lagi ke Muara Wis dengan membawa berbagai bantuan lainnya untuk masyarakat, " pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top