• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pengurus Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) di tiga kecamatan yakni Kecamatan Samboja Barat, Anggana dan Muara Kaman resmi dilantik oleh Plt Kekraf Kukar Akbar Haka.

Pelantikan pengurus Kekraf sebagai rangkaian kegiatan Kekraf Fest 2023 yang digelar di Taman Kota Raja Tenggarong pada Jum'at (24/11/23). Pelantikan tersebut sebagai salah satu implementasi Dedikasi Kukar Idaman yakni Program Kukar Kreatif Idaman. Keberadaan Kekraf diharapkan untuk menciptakan produk lokal yang mampu bersaing dan memiliki nilai ekonomi tinggi, agar memiliki daya tarik untuk menunjang ekonomi kreatif di daerah.

Dalam alam pelantikan tersebut dimeriahkan dengan beberapa penampilan Tazya Melodia, Quadra, Prodeo, Peholbar, Tari Tradisional Bidara, Sanggar Tari Bebaya serta artis nasional diantaranya Virzha dan Mr Jono & Joni.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan selamat kepada pengurus Kekraf di tiga kecamatan yang baru saja dilantik.

"Alhamdulilah antusias masyarakat cukup tinggi malam ini agenda yang sebenarnya adalah pelantikan pengurus Kekraf 3 kecamatan, yakni Samboja Barat, Anggana dan Muara Kaman. Kedepan akan menghadapi event-event besar termasuk pengembangan sektor industri kreatif di masing-masing kecamatannya." ungkap Rendi.

Rendi berharap kepada pengurus Kekraf untuk kerja cepat, termasuk pengurus Kekraf Samboja Barat, karena tak lama lagi akan ada agenda yakni Samboja Event Nusantara tanggal 9 dan 10 Desember 2023.

Rendi berpesan kepada pengurus Kekraf harus lebih mempunyai inovasi yang luas, banyak hal yang bisa diberdayakan baik itu UMKM, seni budaya.

"Ada 17 kriteria kategori yang harus dikembangkan oleh teman teman kekraf termasuk komunitas mobile legend semua gamers itu harus terangkum dalam Kekraf." ujarnya.

"Kami Pemkab Kukar bersama dengan kekraf Kukar siap memfasilitasi all out untuk pemuda kreatif." ucapnya.

Pada acara itu dihibur dengan penampilan sederet tanah air. Dalam pelaksanaan acara tersebut tanpa menggunakan APBD Kukar.

"Pemkab Kukar akan terus melanjutkan program Kukar Kreatif Idaman dan Kukar Kaya Festival (K3F) sampai tahun 2024 mendatang."katanya.

Sementara Plt Kekraf Kukar Akbar Haka akan berupaya mempersiapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) berdaya saing. Mengingat, akan banyak penduduk yang bermigrasi ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Jika tidak dibekali dengan SDM yang unggul dan pengetahuan yang memadai, sangat sulit bagi pemuda daerah dalam berpartisipasi.

"Kami berharap ketika IKN datang kekraf-kekraf yang sudah terbentuk di 20 kecamatan minimal 18 kecamatan kita kejar sampai tahun 2024. Targetnya adalah mengkurasi temen-temen 17 sub sektor ada aplikasi, game, video, foto, kuliner, penerbitan buku dan seterusnya itu terkurasi sampai ke 20 kecamatan. Jadi kita tau siapa-siapa kekraf yang konsen di 17 sub sektor agar kita bisa tau dan terkoneksi semua." ungkapnya.

Pembentukan Kekraf kecamatan bertujuan untuk melakukan pembinaan. harapannya nanti mereka berdaya ketika IKN itu benar-benar datang.

"Sampai saat ini Kekraf yang terbentuk sudah ada 13 kecamatan dan harapannya sampai ke 20 kecamatan sampai pertengahan 2024."katanya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top