• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TAIWAN (KutaiRaya.com) – Salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), yakni PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) melalui Program Konservasi Pesut Mahakam (Komik Pesut Mahakam) kembali meraih penghargaan internasional Great Practice Award 2023 yang merupakan program CSR perusahaan berbasis konservasi fauna Pesut Mahakam berstatus critically endangered yang disinergikan dengan pengembangan desa wisata di Desa Pela, di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Penghargaan diserahkan pada ajang Global Corporate Sustainability Award 2023 di Taiwan yang diselenggarakan Alliance for Sustainable Development Goals (A SDGs) dan Taiwan Institute for Sustainable Energy. Chairman GCSA yang juga merupakan mantan Menteri Luar Negeri ROC Amb. Eugene Chien menyerahkan award tersebut kepada VP Investor Relations PT Pertamina (Persero) Juferson Victor Mangempis mewakili PHM. Program Komik Pesut Mahakam telah dinilai secara komprehensif dan terstruktur yang mencakup aspek strategies and objectives, impacts, effectiveness, continuity, performance, dan leadership.

Head Communication Relations & CID PHM Frans Aleaxander A. Hukom mengungkapkan bahwa capaian ini merupakan bentuk pengakuan internasional kepada keberhasilan Program Komik Pesut Mahakam dalam aspek biodiversity, yaitu melestarikan keberadaan pesut di sungai Mahakam, dan aspek community impact, yaitu pengembangan Desa Wisata Pela yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Program Komik Pesut Mahakam yang konsisten dijalankan Perusahaan melalui kolaborasi dengan Yayasan RASI, Pokdarwis Desa Pela, dan Pemerintah Daerah setempat, berhasil mendapatkan penilaian berskala internasional atas dampak keberlanjutan program yang terukur," ungkap Frans.

Capaian internasional ini merupakan kali ketiga bagi Program Komik Pesut Mahakam yang diraih sepanjang tahun 2023. Keunggulan Komik Pesut Mahakam yang dijalankan PHM di Desa Pela, Kec. Kota Bangun, Kab. Kutai Kartanegara, PHM bersama RASI dan Pokdarwis mendorong masyarakat nelayan untuk mengurangi penggunaan alat tangkap yang dapat mengganggu Pesut Mahakam karena berdasarkan data tahun 2020, kematian terbesar Pesut adalah akibat terjerat jaring nelayan yaitu sebesar 66%.

Oleh karena itu, Program Komik Pesut Mahakam menerapkan inovasi Pinger Akustik, yang merupakan modifikasi resonansi suara yang digunakan dalam proses seismik. Alat ini berupa perangkat elektronik kecil yang mengeluarkan suara pulse (ultrasonic) agar Pesut tidak mendekat ke jaring nelayan. Pinger akustik digunakan nelayan dengan cara dikaitkan di jaring nelayan, dan akan mengeluarkan sonar yang frekuensinya bisa didengar oleh Pesut sehingga Pesut tidak akan mendekat ke jaring nelayan.

Sementara itu, General Manager PHM Setyo Sapto Edi menambahkan bahwa perhargaan ini juga menjadi tantangan dan motivasi bagi PHM untuk terus berinovasi dan menebar manfaat melalui program pengembangan masyarakat yang inovatif dan berkelanjutan.

"Yang membanggakan, pengakuan di skala internasional bagi Program Komik Pesut Mahakam berbasis Pengembangan Desa Wisata Pela ini tidak hanya diraih PHM, namun juga turut diperoleh oleh Desa Pela yang telah ditetapkan sebagai Member of The Best Tourism Village Upgrade Programme 2023 United Nation World Tourism Organization (UNWTO)," ujar Setyo.

Desa Pela merupakan 1 dari 20 desa yang menerima penghargaan internasional Member of The Best Tourism Village Upgrade Programme 2023 dari UNWTO, dengan peserta lain berasal dari Jepang, Spanyol, Maroko, Peru, Italia, Turki, dll. Hal ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Pela memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi destinasi kelas dunia.

Manager Communication Relations & CID PHI Dony Indrawan menjelaskan komitmen PHI dan anak-anak perusahaan di Regional 3 Kalimantan untuk terus mendukung operasi migas yang selamat dan ramah lingkungan dan menjalankan program CSR yang mampu mendukung kemandirian masyarakat dan kelestarian lingkungan.

"Seperti pada Program Komik Pesut mahakam ini, kami percaya bahwa keberlanjutan bisnis perusahaan dipengaruhi oleh hubungan yang harmonis dengan masyarakat dan lingkungan. Oleh karena itu, pengelolaan dampak operasi, pengembangan masyarakat, dan pelestarian lingkungan merupakan elemen terintegrasi sejalan dengan penerapan prinsip ESG dalam mendukung langkah mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," pungkasnya.

Pada 1 November lalu, Program Komik Pesut Mahakam berhasil menjadi salah satu finalist dari ratusan kandidat dari seluruh dunia pada ajang internasional bergengsi lainnya, yaitu Business Sustainability Award yang diselenggarakan oleh Reuters Event di London. (One)

Pasang Iklan
Top