• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menggencarkan Program Pelayanan Digitalisasi Pelayanan Publik (Disapa) untuk mempermudah pelayanan hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Kepala Disdukcapil Kukar, M Iryanto, menyatakan bahwa pelayanan tersebut telah membuahkan hasil dengan memperluas cakupan ke desa dan kelurahan. Melalui Program "Bunga Desaku" menjadi narahubung adminduk di desa dan kelurahan dan memastikan masyarakat Kukar dapat mengurus data kependudukan secara cepat dan gratis, baik melalui tatap muka maupun secara online.

"Sebelum penerapan layanan online, pelayanan dokumen kependudukan di Kukar terbatas," ujar Iryanto belum lama ini.

Iryanto menyebut bahwa layanan digital ini telah diperluas ke desa-desa dengan lebih dari 1000 dokumen per hari di seluruh Kukar. Program Disapa menyediakan 23 jenis layanan, terutama terkait perbaikan data, pemutakhiran data KTP, KK, dan Akte Kelahiran. Masyarakat dapat mengakses layanan adminduk dengan mudah melalui ponsel mereka.

"Penerapan Disapa membantu memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan di tingkat desa dan kelurahan. Program ini memberikan kenyamanan dan membuka peluang bagi masyarakat Kukar untuk menjadi lebih terampil dalam menggunakan layanan online." ungkapnya.

Sementara Camat Samboja Barat, Burhanuddin, menjelaskan bahwa untuk mendukung Program Disapa, kecamatan tersebut telah memiliki inovasi Sistem Jemput Bola Perekaman e-KTP yang disingkat menjadi Si Jempol Kembar.

Program ini bertujuan mempercepat proses pemindahan domisili dan identifikasi penduduk di Samboja Barat. Program tersebut sudah berjalan di 10 desa dan kelurahan dengan distribusi blanko e-KTP tahap pertama sebanyak tiga ribu.

"Kami berharap dengan Program Si Jempol Kembar akan mempermudah dan mempercepat pelayanan Adminduk kepada masyarakat." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top