• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kukar Sopan Sopian)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Desa Kayu Batu terletak di Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara, memiliki potensi wisata alam pulau Nusa Tuna atau pulau pasir putih, karena letaknya dekat dengan danau dan sungai Mahakam.

Untuk itu, pemerintah Desa Kayu Batu berencana mengembangkan potensi wisata alam tersebut. Dan hal ini pun mendapatkan dukungan dari anggota DPRD Kukar Sopan Sopian.

Menurut politisi Gerindra itu, potensi wisata di Desa Kayu Batu sebenarnya ada, yakni ada di daerah danau itu ada pulau Nusa Tuna atau pulau pasir putih.

"Jika dikembangkan pulau tersebut memiliki berbagai potensi wisata alam, karena disana yang pertama ada ciri khas tanaman-tanaman endemik, kemudian tanaman anggrek dan lainnya, " imbuhnya.

Ia mengatakan, untuk Pulau Nusa Tuna itu memang kami dengan pemerintah Desa Kayu Batu ada perencanaan untuk mengembangkan obyek wisata tersebut yang lokasinya di Desa Kayu Batu Kecamatan Muara Muntai.

"Yang jelas kita terus mematangkan potensi wisata ini, mulai dari aksesnya, apakah nanti kedepannya menuju pulau tersebut dari jalan induk ini hanya untuk berjalan kaki atau untuk diperuntukkan bisa sepeda motor, kalau mereka inginnya mobil bisa menuju ke sana tapi infrastruktur akses kesana yang belum memadai, atau hanya membuat seperti jembatan layang menuju pulau tersebut, " terangnya.

Ia menambahkan, jika potensi wisata alam ini bisa dikembangkan, maka wisatawan yang datang selain mendapatkan keindahan alam juga bisa menemui hewan yang dilindungi disana seperti bangau tong tong, bangau putih dan lainnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top