• Kamis, 29 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





JAKARTA (KutaiRaya.com) – Program inisiatif ESG (Environment, Social, Government) PT Astra Honda Motor (AHM) mendapat apresiasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia melalui penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2023. Raihan ini didapatkan dari kinerja perusahaan yang berkontribusi dalam pengelolaan penggunaan energi pada proses produksi sepeda motor Honda.

Dewan juri menetapkan inisiatif Penerapan Manajemen Energi Satu Hati AHM pada peringkat kedua Sub Kategori Manajemen Energi di Industri Manufaktur Besar, bersaing dengan 163 program dari perusahaan lainya. Penghargaan ini dilihat dari dampak pencapaian penghematan energi bagi lingkungan, nilai ekonomi, kemudahan pengimplementasian pada semua bidang, keberlanjutan program, konsistensi program, dan orisinalitas. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Bapak Ir. Yudo Dwinanda Priaadi, M.S. selaku Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi di Nusa Dua, Bali.

Dalam mendukung pembangunan keberlanjutan bangsa Indonesia, implementasi pengelolaan energi dilakukan di lima pabrik sepeda motor Honda dan suppliernya. Beragam pengelolaan dilakukan melalui implementasi digital manufacturing untuk meningkatkan efisiensi dan produksi yang lebih fleksibel, sehingga berhasil menghemat 50.326 Gigajoule yang memberikan dampak penurunan CO₂ sebanyak 7.393 ton. Selain itu, AHM juga melakukan pengembangan dashboard monitoring konsumsi energi.

Production, Engineering & Procurement Director AHM David Budiono mengatakan komitmen dan inovasi yang berkelanjutan menjadi kunci kesuksesan program penghematan energi. Beragam program inisiatif ESG yang diterapkan menjadi perhatian perusahaan seiring pertumbuhan bisnis sepeda motor di Indonesia.

"AHM bersama rantai bisnisnya dari hulu hingga hilir terus berupaya untuk melakukan beragam kegiatan inisiatif ESG sebagai langkah mendukung pembangunan yang keberlanjutan demi kemajuan bangsa Indonesia. Secara bertahap, AHM menerapkan pengelolaan dan pengendalian penggunaan energi pada setiap lini bisnis, sehingga dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat," ujar David.

Selain pengelolaan energi, beragam program lainnya telah dijalankan oleh AHM dalam implementasi ESG guna mendukung pelestarian lingkungan, misalnya, penanaman pohon, water recycle program, pemanfaatan dan pengolahan sampah. Upaya lainnya juga dilakukan berupa kampanye penyelamatan lingkungan dalam aktivitas perusahaan guna mendukung pengurangan pemanasan global, sekaligus pengurangan emisi karbon di lingkungan perusahaan.

Selain berperan aktif dalam pelestarian lingkungan, AHM juga mewujudkan komitmen implementasi ESG dalam menghasilkan produktivitas kerja yang konsisten dan berkelanjutan melalui implementasi budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta tata kelola perusahaan yang baik.

Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) merupakan kegiatan untuk memberikan penghargaan kepada para institusi pemerintah dan pemangku kepentingan di sektor bangunan dan industri, sehubungan dengan upaya-upaya efisiensi dan konservasi energi terbaik yang telah diterapkan di lingkungannya. Pada tahun ini merupakan PSBE ke-11 yang telah dilakukan secara rutin setiap tahunnya oleh Kementrian ESDM.

Rangkaian pelaksanaan PSBE tahun 2023 telah dimulai sejak Bulan April 2023 dengan adanya sosialisasi dari Kementrian ESDM hingga penyusunan proposal dan presentasi finalis PSBE yang dilakukan di Bulan September 2023. (One)

Pasang Iklan
Top