• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Lilik Hendrawanto

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun, memiliki potensi wisata alam yang menarik, yaitu Danau Kumbara. Danau Kumbara telah menjadi objek wisata unggulan di desa tersebut dan telah memberikan tambahan pemasukan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Kota Bangun III, Lilik Hendrawanto, menjelaskan bahwa mereka berencana untuk meningkatkan fasilitas di Danau Kumbara dengan pembukaan kolam renang keluarga. Ini diharapkan akan menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan yang mengunjungi Danau Kumbara, serta menciptakan lapangan kerja baru.

Selain itu, Danau Kumbara juga menawarkan pengunjung kesempatan untuk memberi makan ikan secara langsung. Pengunjung dapat memberi makan ikan mas, patin, nila merah, dan koi. Aktivitas ini telah menarik pengunjung dari wilayah sekitar dan bahkan dari Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

"Dan yang terbaru, kami juga mempunyai produk unggulan yakni olahan makanan dan minuman berbahan rosela. Produk ini berupa sirup rosela dan kue. Jadi sembari menikmati keindahan danau kumbara pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahan makanan dari bunga rosela." ungkap Lilik.

Dengan adanya Wisata Danau Kumbara juga menambah pemasukan untuk UMKM. Potensi wisata ini cukup menjanjikan untuk warga sekitar.

"Selain Danau Kumbara, Desa Kota Bangun III juga memiliki potensi wisata unggulan lainnya, di antaranya persawahan Sumedang, Bukit Jumiring, dan Bukit Sundul Langit. Kami berharap potensi yang ada ini nantinya bisa terus berkembang." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top