• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Setelah dilakukan penilaian 12 besar destinasi wisata di Kukar sejak 25 September hingga 17 Oktober 2023 lalu untuk Anugrah Tempat Wisata Idaman (ATWI) 2023, saat ini masuk tahap voting.

Tahap voting tersebut dimulai 26 Oktober sampai 10 November 2023 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo, Kamis (26/10/2023).

"Untuk voting 12 tempat wisata terbaik ATWI 2023 yang dikelola swasta maupun umum, masyarakat bisa membuka channel Youtube @AnugerahTempatWisataIdaman, kemudian nonton videonya sampai selesai, lalu like video tempat wisata favorit, dan jangan lupa comment dan subscribe," jelasnya.

Ia mengatakan, dari 12 tempat wisata tersebut akan diseleksi kembali untuk menentukan 5 besar. Sementara 12 destinasi wisata berada di zona hulu, tengah, dan pesisir.

"Adapun kategori penilaian tersebut diantaranya daya tarik pengunjung, pemasaran, kelembagaan, serta pemberdayaan masyarakat dan lingkungan," imbuhnya.

Slamet mengaku, ajang ini sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola wisata baik desa yang melibatkan Bumdes, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan lainnya di Kukar. ATWI 2023 tersebut dilaksanakan untuk memacu para pengelola wisata yang ada di Desa.

"Pengelola destinasi wisata selama ini dalam mengelolanya biasa biasa saja, maka dari itu pemerintah daerah melalui Dispar akan memberikan apresiasi, sebagai bentuk dukungan kepada mereka. Sehingga destinasi wisata yang dikelola desa, pokdarwis, maupun perorangan memberikan dampak, dalam hal ini memikat daya tarik wisatawan, apresiasi tersebut berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan. Dan diharapkan pengelola destinasi wisata selalu kreatif, bagaimana dapat tingkatkan kunjungan wisatawan," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top