• Kamis, 29 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TANJUNG BATU (KutaiRaya.com) – PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) menandatangani perjanjian jasa penyewaan shorebase daerah selatan, dengan konsorsium PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina Port and Logistics (PPL). Kontrak jas penyewaan ini akan berlangsung selama 2 tahun yang berlaku efektif mulai tanggal 1 November 2023. Berdasarkan kontrak ini, PHKT akan menggunakan Peteka Shorebase Tanjung Batu yang dikelola oleh PTK dan merupakan pelabuhan penyedia fasilitas logistik bagi operasi migas di kawasan regional Kalimantan dan Sulawesi.

Pada penandatanganan kerja sama ini, General Manager Zona 10 Avep Disasmita menjelaskan bahwa kontrak penyewaan shorebase ini akan melayani aktivitas Drilling & Completion dan operasi hulu migas PHKT untuk mendukung pencapaian target produksi migas nasional sebesar 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030.

"PTK & PPL akan menyediakan jasa-jasa penyewaan shorebase dan semua infrastruktur yang diperlukan, serta menyediakan jasa-jasa penyediaan pergudangan beserta alat dan tenaga pendukung lainnya bagi PHKT," ungkap Avep.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan wujud implementasi borderless strategy di grup Pertamina yang diharapkan mampu mengoptimalkan pengelolaan wilayah-wilayah kerja migas sehingga menghasilkan nilai yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental I Ketut Laba menerangkan bahwa PTK merupakan anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS) bagian dari Subholding Integrated Marine Logistic (IML) yang berpengalaman dalam bisnis pelayaran, jasa maritim, kepelabuhanan, dan logistik dengan area kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan mengelola 104 pelabuhan Pertamina serta 369 armada kapal yang terus bertransformasi dan tumbuh menjadi Perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global.

Dalam kesempatan ini, I Ketut menyampaikan apresiasi kepada PHKT atas kerja sama yang terjalin. ”Kami akan memberikan layanan yang dibutuhkan oleh PHKT dengan sebaik-baiknya, dengan terus mengedepankan aspek keselamatan dan kualitas sebagai indikator utama dalam menjalankan kontrak,” imbuhnya.

Sementara itu, Sr. Manager SCM Regional 3 Bayu Kusuma Tri Aryanto menjelaskan bahwa terlaksananya Perjanjian Jasa Penyewaan Shorebase Daerah Selatan ini menjadi salah satu capaian realisasi Synergy Inkorporasi antara PHKT dan PHI, serta internal Subholding Upstream dan grup Pertamina.

"Sinergi antar anak perusahaan dan afiliasi Pertamina dapat mendorong tercapainya efisiensi, peningkatan revenue dan kapabilitas anak perusahaan di bidang jasa. Capaian angka sinergi yang merupakan buah kolaborasi diantara anak perusahaan dan afiliasi grup Pertamina pada kegiatan operasi hulu migas di Regional 3 Kalimantan mencapai lebih dari 147 miliar," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top