• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala DPMPTSP Kukar Alfain Noor)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Kartanegara terus berinovasi memberikan pelayanan mudah kepada masyarakat. Terbaru ada dua layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kukar yang terus dikembangkan, yakni layanan Drive Thru dan PELONGSENG.

Kepala DPMPTSP Kukar Alfain Noor menjelaskan, untuk layanan Drive Thru sebenarnya sudah kita uji coba. Pelayanan berbasis drive thru akan memperluas fungsi dari pelayanan terpadu satu pintu. Bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat Kukar sekaligus memberi pelayanan terbaik, layanan ini kita persingkat paling lama 5 menit untuk memudahkan masyarakat, sementara layanannya yakni untuk mengurus nomor induk berusaha yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat, dan layanan lainnya.

Sedangkan untuk pelayanan PELONGSENG lanjutnya, adalah PELayanan Online deNGan Sistem Elektronik berbasis jariNGan, atau dalam bahas Kutai artinya memperlancar dan mempermudah.

"DPMPTSP Kukar terus berinovasi, diantaranya ada layanan drive thru mempermudah masyarakat untuk berurusan, jadi masyarakat tidak perlu lagi turun dari kendaraannya masuk ke Mall Pelayanan Publik cukup di layanan drive thru ini saja, kita melanjutkan inovasi kawan sebelumnya. Kemudian ada lagi beberapa inovasi yang dikembangkan, diantaranya PELONGSENG ini juga salah satu inovasi untuk proses dalam perijinan lebih dipermudah. Jadi dua inovasi ini yang saat ini sekarang kita terus kembangkan, dan nanti kedua program ini dalam waktu dekat akan di lounching Pak Bupati," bebernya.

Ia mengatakan, pada prinsipnya semua inovasi-inovasi yang telah dilakukan DPMPTSP Kukar itu untuk mempermudah layanan kepada masyarakat Kukar.

Ia menambahkan, yang paling penting saat ini yakni sosialisasi pelayanan MPP Kukar kepada masyarakat masih menjadi tantangan.

"Ketika sosialisasi ini sudah berjalan baik nantinya masyarakat yang berada di wilayah terpencil dapat mengurus berbagai kebutuhan dokumen dalam satu tempat tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke tiap OPD. Ini akan kita lakukan bertahap, karena masih banyak warga di kecamatan yang belum mengetahui keberadaan MPP Kukar," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top