• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kabag Kesra Setkab Kukar Dendi Irawan Fahriza)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara kembali buka pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman tahap II mulai 2 sampai 31 Oktober 2023.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kukar Dendi Irawan Fahriza, pembukaan pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman ini dalam rangka implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2021 Tentang RPJMD Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021-2028, serta untuk melaksanakan Misi kedua Kukar idaman untuk Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Berakhlak Mulia, Unggul dan Berbudaya dengan memberikan Beasiswa Kukar Idaman dan Beasiswa 1000 Guru Sarjana pada Tabun 2023.

"Berkenaan dengan hal tersebut lanjutnya, Pemkab Kukar membuka peluang bagi Pelajar, Mahasiswa dan Tenaga Pendidik yang memiliki KTP atau Kartu Identitas Kutai Kartanegara untuk mendaftarkan diri dan memperoleh beasiswa tersebut," ujarnya.

Sebagai informasi, program Beasiswa Kukar Idaman antara lain Beasiswa Kerjasama terdin dari Beasiswa Tematik (Berdasarkan Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan Perangkat Daerah), Beasiswa Santri Lanjut ke Perguruan Tinggi, Beasiswa Stimulan terdiri dari Beasiswa Prestasi Akademik untuk Pelajar dan Mahasiswa dan Beasiswa Prestasi Non Akademik untuk Pelajar dan Mahasiswa.

Kemudian, Beasiswa Yatim Piatu, Yatim dan Piatu, Prasejahtera serta Disabilitas, Beasiswa Santri Pondok Pesantren, Program Beasiswa 1000 Guru sarjana (Kerjasama) terdiri dari Beasiswa Guru/Tenaga Pendidik yang belum inier (Non ASN), Beasiswa Guru/Tenaga Pendidik yang Belum S. 1 (Non ASN) dan Beasiswa Calon Guru (Mahasiswa) yang mengambil jurusan guru kelas dan guru mata pelajaran di FKIP).

Dendi menjelaskan, pada anggaran Perubahan 2023, Pemkab Kukar telah mengalokasikan sekitar Rp 8 miliar untuk merealisasikan program tersebut. Target penerima beasiswa sekitar 4000 sampai 5000 orang, terdiri dari beasiswa stimulan mahasiswa, beasiswa tematik non ASN, beasiswa santri pondok pesantren, beasiswa kerjasama, beasiswa tingkat pelajar SD, SMP, SMA atau sederajat.

"Program beasiswa Kukar Idaman akan dibuka tahap kedua pada awal Oktober 2023, hal ini merupakan salah satu strategi untuk mencapai target program tersebut. Kami juga terus melakukan sosialisasi baik melalui media sosial maupun langsung, agar program tersebut banyak peminat," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk pencairan beasiswa tahap pertama 2023 yang dialokasikan pada APBD murni 2023 pada Oktober. Dan bagi penerima beasiswa dapat memanfaatkan betul betul dana tersebut, untuk pembayaran kuliah.

"Jangan sampai, ketika sudah cair dananya tidak dibayarkan perkuliahannya. Program ini merupakan komitmen Pemkab Kukar untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top