• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Penandatangan kerjasama Pemkab Kukar dengan perusahaan

TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) belum lama ini menandatangani dua kesepakatan kerjasama (MoU) terkait pelatihan kerja. Bupati Kukar Edi Damansyah secara resmi menandatangani MoU ini sebagai bagian dari program "Kukar Siap Kerja".

Adapun MoU pertama adalah tentang Pelatihan Basic Operator yang dilakukan bekerja sama dengan PT. Buma melalui LSP Biru Nusantara. MoU kedua adalah tentang Pelatihan Welder yang berkolaborasi dengan SKK Migas melalui PT. Petro Tecno.

Hal ini dilakukan untuk mendukung, program Kukar Siap Kerja yang masuk dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar sesuai RPJMD Kukar Idaman dari tahun 2021 sampai 2026. Dengan misi mulia untuk menyediakan pelatihan pekerjaan bagi 6.000 orang.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kukar M Hatta melalui, Bidang Pembinaan Pemberdayaan Penempatan Kesempatan Kerja Syarifah Rositah, mengatakan bahwa MoU dengan SKK Migas adalah untuk pelatihan welder selama tiga setengah bulan, dengan 20 peserta yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pelatihan ini akan dilakukan di Batam karena banyak perusahaan di sana membutuhkan tenaga las 4G.

Selanjutnya, ada MoU dengan PT. Buma, yang akan melatih 30 warga Kukar dalam satu tahun. Peserta akan diberikan uang saku oleh PT. Buma selama pelatihan, dan setelah selesai, mereka akan dipekerjakan oleh PT. Buma.

"Program ini merupakan bagian dari program Bupati yakni "Kukar Siap Kerja" yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kompetensi kepada warga Kukar agar mereka dapat diterima di pasar kerja. MoU ini juga melibatkan dana dari APBD Kukar dan perusahaan."ungkap Syarifah Selasa (3/10/23).

Tujuan utama dari program ini adalah untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Kukar dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat, sehingga mereka dapat memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang telah mereka pelajari.

"Sesuai visi misi pak Bupati yakni Kukar Siap Kerja, kita berharap dengan adanya pelatihan ini masyarakat kukar bisa bener-bener sejahtera, dan bisa bekerja sesuai dengan kompetensi yang dilatih melalui Disnakertrans Kukar." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top