• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala OPD dilingkup Pemkab Kukar, menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Tenggarong, Sabtu (30/9/2023) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan umat Muslim di Tenggarong dan sekitarnya dengan menghadirkan penceramah kondang Ustadz Rendy Saputra, Ketua Perserikatan Saudagar Nusantara dan Founder Berkah Box dari kota Balikpapan.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Ahmad Taufik Hidayat mengatakan, esensi terpenting dari memperingati dan merayakan kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW adalah bagaimana meneguhkan kembali komitmen untuk melaksanakan segala ajaran yang telah Rasulullah sampaikan, serta menjadikan Baginda Nabi sebagai Uswah dan Qudwah dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

"Dengan demikian melalui kegiatan yang dilaksanakan saat ini, segala keteladanan, keagungan, serta kemuliaan akhlak pribadi Rasulullah SAW dapat tercermin dan teraktualisasi dalam sikap, perilaku, serta perbuatan kita sehari-hari," ujarnya.

Kemudian, Rasulullah SAW telah mencontohkan bagaimana seharusnya menjalani kehidupan ini agar mencapai kebahagiaan yang sejati. Hal utama tentu akhlak mulia yang selalu tercermin dalam keseluruhan pribadi Beliau. Selain itu, Rasulullah SAW juga merupakan sosok pemersatu diantara sekian banyak ragam perbedaan.

"Nabi mempersaudarakan golongan Muhajirin dan Anshor ketika hijrah ke Madinah. Nabi mempersatukan orang Arab dan bukan Arab. Nabi mempersatukan berbagai kelompok penganut agama untuk hidup berdampingan. Bahkan Nabi telah mempersatukan seluruh umat manusia dalam ajaran Islam Rahmatan lil ’Aalamiin," tuturnya.

Ia mengaku, keteladanan ini penting untuk diimplementasikan dalam upaya memperkuat persatuan, mengokohkan persaudaraan, guna percepatan dan keberlanjutan program pembangunan di odah etam tercinta, Kukar IDAMAN.

"Kita semua berharap, melalui kegiatan keagamaan seperti ini, akan dapat memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Serta semakin meneguhkan cinta kita kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW," harapnya. (One)

Pasang Iklan
Top