• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan lakukan pengembangan industry rumput laut di Kecamatan Muara Badak, bahkan untuk memantapkan persiapan tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartaneara baru baru ini melakukan kunjungan studi ke PT Kappa Carrageenan Nusantara di Pasuruan Jawa Timur.

Kunjungan tersebut untuk memperkuat sektor ekonomi dengan fokus pada hilirisasi potensi rumput laut. Dimana Pemkab Kukar telah pembangunan pabrik rumput laut di Kecamatan Muara Badak sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, terutama di wilayah pesisir Kukar.

Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma, menjelaskan bahwa kunjungan ke PT Kappa Carrageenan Nusantara di Pasuruan, untuk mempersiapkan pengadaan peralatan dan mesin produksi pabrik tepung rumput laut.

"Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan survei awal dan berdiskusi tentang pembangunan pabrik rumput laut. Kunjungan kita disambut baik oleh Direkturnya yaitu Hamzah Moch Baabud, dan beraudiensi dengan beliau seputaran pabrik rumput laut," ujar Arfan Boma belum lama ini.

Ia mengungkapkan pada kunjungan tersebut pihaknya melakukan audiensi, dan dilanjutkan dengan peninjauan terhadap alat alat procesing pengelolaan rumput laut, mulai dari awal hingga akhir.

Dan nanatinya di pabrik tersebut akan ada mesin dan peralatan perebusan rumput laut, mesin proses ekstasi agar agar, hingga proses penepungan,

"Kami berharap dengan adanya pabrik di Kecamatan Muara Badak nantinya dapat memanfaatkan potensi yang ada di Kukar dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top