• Senin, 04 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Rinaldi Kafka bersama sejumlah Pemuda turun langsung ke Sungai Tenggarong guna membersihkan Kumpai)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sejumlah pemuda di Tenggarong, Kutai Kartanegara, tergabung dalam komunitas RK5 yang dipimpin Rinaldi Kafka melakukan aksi bersih-bersih kumpai di sungai Tenggarong, Kamis (28/09/2023).

Aksi keren ini merupakan inisiatif dari Aldi sapaan akrab Rinaldi Kafka, karena melihat banyaknya kumpai di sungai Tenggarong sehingga tidak enak dipandang mata.

"Karena saat ini kan masih berlangsung pesta adat Erau Pelas Benua hingga Minggu mendatang, jadi tamu-tamu dari luar pasti datang kesini, dan Sungai ini ibaratnya wajah Tenggarong, karena setiap acara dilaksanakan di Museum," ujar Aldi kepada KutaiRaya.com.

Aldi mengaku, ketika dirinya melintasi jembatan bongkok di sungai Tenggarong banyak kumpai sehingga pemandangannya tidak bagus dilihat, maka dirinya berinisiatif dengan pemuda-pemudi di Tenggarong kita ajak untuk membersihkan kumpai ini.

"Karena apa yang kita lakukan ini juga buat keindahan kota Tenggarong, kita malu kalau sungai ini terlihat kotor dan kurang enak dilihat," imbuhnya.

Ia menambahkan, kota Tenggarong sekarang kelihatan lebih maju, saat ini sudah ada monumen Tuah Himba, dan pembangunan lainnya, maka keindahan kotanya termasuk sungai juga perlu kita perhatikan.

"Dalam kegiatan ini kami melibatkan pemuda-pemudi yang rata-rata sahabat dan teman-teman kita, dan kedepannya tidak hanya kita bersihkan di sungai ini saja tapi juga lokasi lainnya yang kita lihat kurang indah, langsung kita bersihkan juga, " tambahnya.

Sementara itu, aksi bersih-bersih kumpai sungai Tenggarong ini mendapat apresiasi tinggi dari anggota DPRD Kaltim dari Dapil Kukar Ely Hartati Rasyid.

Politisi PDI-P ini sangat salut dan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan sosial dari pemuda-pemudi Tenggarong yang digawangi Rinaldi Kafka.

"Kan nanti Tenggarong akan ramai saat penutupan Erau, ada prosesi berlimbur dan itu pasti banyak wisatawan dari luar Tenggarong berkunjung kesini, dan saya bangga Aldi dan kawan-kawan membersihkan sungai setelah melihat sungai itu penuh dengan kumpai, dan ini kegiatan nyata membantu keindahan sungai saat pelaksanaan ERAU. Kegiatan yang diinisiasi anak-anak muda Tenggarong ini patut kita apresiasi, " pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top