• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih Rekor Muri pengguna pesapu (penutup kepala) terbanyak yakni tujuh ribu pesapu dalam event Kukarland Festival tahun 2023, Di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Jum'at (22/9/23).

Penghargaan Rekor Muri tersebut diserahkan langsung oleh Senior Customer Relations Manager MURI, Andre Purwandono kepada Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Slamet Hadiraharjo dan Ketua Kekraf Kukar Akbar Haka.

Senior Customer Relations Manager MURI, Andre Purwandono mengatakan bahwa pada hari ini Rekor Muri Indonesia mencatat sebuah kegiatan yaitu mengenakan Penutup Kepala (Pesapu) terbanyak di Kukar.

"Ini merupakan salah satu rangkaian dari Kukarland Festival 2023. Yang mana pesapu sendiri yang dilakukan pada hari ini salah satu kategori yang masuk dalam Rekor Muri Indonesia sifatnya superlatif (sesuatu yang dapat dihitung)." kata Andre Jum'at (22/9/23).

Andre menjelaskan terkait metode perhitungan Rekor Muri ini bahwa, dari awal acara pihaknya sudah melakukan proses verifikasi di pintu masuk. Karena disemua pintu masuk dilakukan di satu gate dan pihaknya sudah memiliki catatan dan penilaian apakah rekor hari ini layak atau tidak

"Untuk pengajuan rekor muri itu sudah sesuai yang dari panitia yakni minimal sebanyak 2000 pesapu. Dan setelah dilakukan perhitungan bahkan melebih yakni mencapai 7000 pesapu, untuk itu sudah layak masuk dalam rekor muri." jelasnya.

Ia menambhakan terkait rekor muri serupa juga pernah di pecahkan salah satunya di Palembang. Dimnaa mereka lakukan rekor yang menggunakan ikat kepala juga.

"Jadi kami setiap daerah memiliki budaya masing-masing itu akan kami catat secara terpisah, tidak dibandingkan antara satu dengan yang lainnya." ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam memecahkan rekor muri ini. Karena penghargaan rekor muri ini baru pertama kalinya di Kukar pengguna pesapu terbanyak.

"Kami bangga Kukar berhasil memecahkan rekor muri ini, dan kegiatan Kukarland pada hari ini berjalan lancar. Kita berharap kedepan ada lagi rekor muri yang bisa dipecahkan." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top