• Senin, 04 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) – PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) berhasil mendukung penangangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Muara Jawa, Kalimantan Timur yang melanda lahan seluas kurang lebih 20,6 hektar.

Penangangan kebakaran ini melibatkan kontribusi penuh Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Muara Jawa, Tim Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalimantan Timur, Forkopimka Muara Jawa, Babinsa Muara Jawa, Bhabinkamtibmas Muara Jawa, dan Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar) Muara Jawa.

Kebakaran terjadi di beberapa titik yaitu di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Handil 7 Kelurahan Muara Jawa Tengah, perbatasan Handil 4 – 5 yang terletak di antara Kelurahan Muara Jawa Ulu dan Muara Jawa Tengah, Kampung Sindang Jaya dan Handil 8. Kebakaran berhasil dipadamkan pada hari Minggu, 3 September 2023.

Field Manager PHSS Ade Diar Suhendar menyebutkan bahwa perusahaan senantiasa siaga untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam keadaan darurat, terus berupaya dengan maksimal dalam menjaga lingkungan, serta mengedepankan kerja yang selamat.

"Selain mengerahkan tim ERT (Emergency Response Team) dalam penanggulanan karhutla ini, Perusahaan juga mengerahkan 1 unit mobil Tangki Supply 15.000 liter, 1 unit portable fire pump, dan 3 unit water pressure," ungkapnya.

Selain itu, Ade juga menyampaikan bahwa selain upaya penanganan, upaya pencegahan melalui edukasi yang tepat kepada masyarakat sekitar juga diperlukan.

"Saat ini, PHSS sudah memasang himbauan bahaya dan larangan membakar di beberapa titik yang memiliki risiko tinggi terjadi kebakaran. PHSS juga akan terus bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk dapat mewujudkan lingkungan yang aman dan selamat," ujarnya.

Menanggapi kolaborasi dalam insiden karhutla ini, Balakar Muara Jawa menyambut baik inisiasi dan kerja sama yang telah dilakukan oleh PHSS dalam penggulangan kebakaran baik dari segi pencegahan maupun penanganan.

"Pertama, kami mengucapkan terimakasih kepada PHSS dalam upaya pemadaman karhutla ini. Kedepannya diharapkan kontribusi positif dapat terus berlanjut dan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi masyarakat di lingkungan Muara Jawa," ujar Suwandi selaku ketua Balakar Muara Jawa. (One)

Pasang Iklan
Top