• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Menjelang pelaksanaan event Kukarland Festival 2023, yang akan dilaksanakan di Stadion Aji Imbut Tenggarong pada 22 - 23 September ini. Pemkab Kukar menggelar rapat koordinasi untuk mematangkan persiapan. Bertempat di ruang rapat Asisten II pada Selasa (19/9/23).

Rakor dipimpin langsung oleh Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setkab Kukar, Wiyono turut hadir Dinas Pariwisata Kukar, OPD terkait, kepolisian, Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar

Kukarland Festival ini merupakan puncak dari program Kukar Kaya Festival (K3F). Event ini juga dalam rangka memeriahkan Erau Adat Pelas Benua dan HUT Tenggarong ke-241.

Kukarland Festival bakal dimeriahkan oleh delapan artis kondang, diantaranya Club Dangdut Racun, Soegi Bornean, Tipe-X, Potret, Setia, Guyon Waton, Maliq & D'Essentials dan Soneta. Kukarland Festival juga memberi panggung bagi artis-artis lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Slamet Hadiraharjo mengungkapkan bahwa sesuai dengan hasil rapat Kukarland hari ini sudah mengerucut. Artinya tidak ada kendala di lapangan, hanya tinggal hal teknis saja yang perlu dibahas terutama untuk kebersihan, keamanan dan peparkiran.

"Dari hasil rapat disepakati ada dua agenda yang pertama mungkin di hari Kamis akan ada kolaborasi untuk kebersihan. Kemudian simulasi untuk dilapangan dan yang ketiga kita akan membuat undangan ke OPD agar dapat membantu terkait dengan Rekor MURI." ungkap Slamet Selasa (19/9/23).

Slamet menyebut, untuk kebersihan nantinya bakal melibatkan seluruhnya OPD sesuaikan dengan undangan yang hadir pada hari ini. Nanti mungkin dibatasi masing-masing OPD berapa staf yang diikutkan dalam pembersihan lokasi Kukarland.

Selain itu, untuk perparkiran sendiri juga disampaikan bahwa nanti teknisnya akan di atur langsung oleh Dinas Perhubungan sesuai dengan tupoksinya, masalah penempatan zonasinya dan kondisi di lapangan.

Kemudian untuk toilet kita juga sudah komunikasi dengan Dinas Perkim, karena mereka mempunyai portabel toilet kemudian dari panitia akan pinjam dari luar Kukar dan juga ada di belakang panggung. Begitu juga dengan sampah sudah disepakati Dinas Perkim dan DLHK yang menangani itu mereka akan menyediakan sampah plastik, selain itu juga mereka bakal mengedukasi masyarakat agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan sehingga pada saat pembersihan tidak begitu merepotkan panitia.

Mengingat ini adalah event besar yang dilaksanakan oleh Pemkab Kukar makan pengunjung diperkirakan mencapai 20-50 ribu. Dan dengan adanya event ini hotel-hotel yang ada di Tenggarong sudah full booking. Artinya apa yang kita harapkan itu sudah tercapai yakni memberikan Multiplier Effect." ujar Slamet.

Ia menambahkan, bahwa dalam Kukarpand Festival nanti bakal ada 100 stan UMKM yang tersedia apabila pengunjung ingin berkuliner. Dan panitia juga menyediakan 10 ribu Pesapu secara gratis dalam rangka memecahkan rekor MURI. Dan akan ada tiga panggung yang tersebar di area stadion, yakni Kumala, Tanah Merah dan Pela. (*dri)

Pasang Iklan
Top