• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, melakukan uji coba (Commissioning Test) Menara Tuah Himba, yang merupakan salah satu ikon Kota Tenggarong. Uji coba tersebut berlangsung di Bundaran Tuah Himba Tenggarong, dengan kehadiran beberapa pejabat dan tokoh penting daerah, Senin 18 September 2023.

Pada uji coba ini, Menara Tuah Himba dipercantik dengan lampu tema dan air mancur, menciptakan tampilan yang memukau. Meskipun uji coba berjalan baik, menara ini belum bisa diresmikan karena masih ada beberapa ornamen yang perlu dilengkapi.

Diketahui desain landmark ini memiliki makna filosofis dengan tiga bagian yang mewakili elemen kehidupan di Kutai Kartanegara, yaitu langit, manusia, dan bawah tanah serta air.

Bupati Edi Damansyah menjelaskan bahwa Menara Tuah Himba direncanakan akan selesai akhir tahun ini, dan diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat pada tahun baru. Meskipun ada beberapa tambahan yang diperlukan, seperti pagar dan tambahan air mancur, pembiayaan untuk penyelesaian tersebut telah ditambahkan dalam APBD Perubahan 2023.

"Menara Tuah Himba diharapkan menjadi salah satu daya tarik utama Kota Tenggarong dan akan menjadi pusat kawasan publik. Rencananya, di sekitar menara ini akan ada kawasan kuliner dan fasilitas lainnya untuk mendukung para pelaku usaha mikro di Tenggarong." ujarnya.

Edi Damansyah juga mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesan bersih, nyaman, dan ramah kepada pengunjung dari luar Kukar. Ia berharap agar kondisi ini dapat dipertahankan, karena ini adalah salah satu faktor yang akan membuat Kota Tenggarong menjadi destinasi yang menarik.

Saat ini, pekerjaan fisik di Menara Tuah Himba sedang berhenti, dan proses persiapan APBD Perubahan akan dilanjutkan untuk melanjutkan proyek ini.

"Dengan adanya Menara Tuah Himba kami harapkan akan memberikan nuansa baru bagi Kota Tenggarong dengan permainan lampu dan air mancur yang akan menjadi salah satu daya tarik utama."tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top