• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam rangka menyebarluaskan nilai dasar bela negara, Kementrian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia (RI) menggelar Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Perangkat Desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong Selasa (12/9/23). Acara dibuka langsung oleh Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi, Kemenhan RI Mayjen TNI Piek Budyakto,

Turut hadir Rombongan dari Kemhan Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Ltk Arm Wahyu Jati P, AKM Bid Sosbud Dit Bela Negara Ditjen Pothan, Letkol Hafidh Widodo, S.IP., M.Sc, Staf Dit Bela Negara Ditjen Pothan, Mayor Isdiyanto, Staf Dit Bela Negara Ditjen Pothan, Kapten Latoif, Staf Dit Bela Negara Ditjen Pothan, Pns Ropiudin, Staf Dit Bela Negara Ditjen Pothan, Pns Supriyati, Staf Dit Bela Negara Ditjen Pothan

Serta dari Pemerintah Kabupaten Kukar Asisten I Akhmad Taufik Hidayat, dan dalam sosialisasi ini diikuti oleh perangkat desa dari 25 Desa yang ada di Kukar.

Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi, Kemenhan RI Mayjen TNI Piek Budyakto, menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Bupati Kutai Kartanegara beserta staf atas dukungan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi Perangkat Desa di Kukar.

"Kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang kita laksanakan ini adalah dalam rangka menyebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara. Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan dan TNI semata, tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh Kementerian/Lembaga termasuk Pemerintah Daerah." ungkapnya.

Dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 mengamanatkan, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi Perangkat Desa merupakan bagian dari upaya kita membangun sikap mental dan karakter bangsa serta merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari pembangunan Revolusi Mental dari Kabinet Indonesia bersatu." ujarnya.

Nilai - nilai bela negara itulah yang diharapkan akan menjadi landasan sikap dan perilaku. Semua yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari - hari sesuai bidang dan profesi masing - masing.

"Kami berharap dari kegiatan ini nantinya para peserta dapat mengimplementasikan nilai dasar bela negara secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dapat menjadi agen perubahan sekaligus role model dalam mengaktualisasikan dan menyebarluaskan nilai Dasar Bela Negara kepada masyarakat wilayah Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara, serta masyarakat Indonesia pada umumnya." ungkapnya.

Sementara itu Asisten I Kabupaten Kukar Akhmad Thaufik Hidayat mengucapkan selamat datang kepada Bapak Staf Ahli, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI dan jajarannya,

Kegiatan sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara ini sangat penting, guna mengatasi dan mengantisipasi ancaman yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat, serta yang dapat menimbulkan terjadinya disintegrasi bangsa.

"Untuk itu kami berpesan, agar peserta mengikuti semua kegiatan sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh, dan mengaplikasikan hasilnya di lingkungan masyarakat." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top