• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pada Tahun 2023 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal menambah armada berupa Fireboat (Kapal Pemadam Kebakaran) untuk membantu menangani masalah kebakaran yang ada di Kukar.

Mengingat musibah kebakaran masih menjadi masalah yang menakutkan bagi masyarakat, khususnya di Kukar. Karena kebakaran ini terjadi tanpa diduga dan dapat dengan cepat menghanguskan seisi rumah hingga rata dengan tanah.

Oleh karena itu permasalahan ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, dibawah kepemimpinan Edi Damansyah - Rendi Solihin. Dengan kondisi geografis Kukar yang sangat unik, dan wilayah yang terkenal luas beberapa wilayah juga tidak memiliki akses jalan darat dan terletak di bantaran sungai.

"Tahun anggaran perubahan ini Pemkab Kukar mengalokasikan anggaran khusus untuk memperkuat peralatan dan kelengkapan petugas pemadam kebakaran. Salah satunya pengadaan 8 unit fireboat." kata Kepala Dinas Damkarmatan Kukar, Fida Hurasan, Jumat (8/9/2023).

Afe sapaan akrab Fida Hurasani mengungkapkan bahwa pengadaan armada pemadam merupakan kebijakan dari Pak Bupati dan Pak Wakil. Hal ini untuk memperkuat armada Disdamkarmatan di beberapa kecamatan, terutama di wilayah yang masyarakatnya tinggal di bantaran sungai.

"Selain itu, kita juga menganggarkan untuk peremajaan unit mobil pemadam, beserta kelangkapan lainnya. Karena kami sering mendapatkan keluhan dari petugas di lapangan, bahwa setiap bulan unit-unit bisa rusak dua sampai tiga kali. Maka dari itu kita juga anggarkan untuk peremajaan," jelasnya.

Kemudian, nantinya peralatan yang lama akan tetap dimanfaatkan sebagai persiapan pembentukan pos pemadam baru di beberapa kecamatan. Karena sejauh ini Disdamkarmatan Kukar baru memiliki delapan pos pemadam yang membackup 20 kecamatan.

"Dan untuk unit dan alat lama, kita akan geser untuk persiapan pembentukan pos baru. Unit yang lama nantinya kita service dulu," tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top