• Kamis, 29 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Dirut BUMDes Tukung Ritan Suto Lafit)


KUKAR (KutaiRaya.com)- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menjadi salah satu instrumen baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Untuk itu sejak 2020 silam, Desa Tukung Ritan Kecamatan Tabang Kukar, membuat BUMDes untuk peningkatan kesejahteraan warganya.

"Bumdes Tukung Ritan Sejahtera sudah berjalan sejak 2020 selama saya jabat Kades, dan tentunya kehadiran BUMDes ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa," ujar Kades Tukung Ritan Ubang Ului kepada KutaiRaya.com belum lama ini.

Sementara itu, Dirut BUMDes Tukung Ritan Suto Lafit menjelaskan, BUMDes kami saat ini bergerak pada 48 item bidang usaha, seperti infrastruktur, transportasi orang dan bidang lainnya.

"Untuk jasa di bidang transportasi ini kita melibatkan warga Desa, kalau dulu kita pakai transportasi kapal veri, sekarang kendaraan roda 4, untuk menuju ke Desa ataupun Kecamatan-kecamatan lainnya di Kukar," tuturnya.

Ia menambahkan, kedepannya kita rencana akan kerjasama dengan pihak ketiga diwilayah kita, karena banyak vendor perusahaan tambang batu bara dan sawit di Desa Tukung Ritan.

"Disini ada tambang batu bara dan ada sawit, nah kedepannya apa yang bisa kita kerjakan untuk kerjasama ini, seperti penyuplai makanan, bahan baku dan infrastruktur," tambahnya.

Ia berharap, sesuai namanya Tukung Ritan Sejahtera, diharapkan BUMDes ini dapat mensejahterakan masyarakat Desa. (One)

Pasang Iklan
Top