• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Musibah kebakaran di Kecamatan Muara Kaman

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Musibah kebakaran terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Peristiwa tersebut terjadi Rabu (6/9/23) pukul 16.20, tepatnya di RT 6 dan RT 7 Desa Muara Kaman Ulu, Kecanatan Muara Kaman.

Akibat kebakaran tersebut, setidaknya 16 unit rumah hangus terbakar, 2 unit rumah terbakar, 5 unit sarang burung walet habis terbakar, 1 unit mobil Daihatsu Xenia, 1 unit motor Honda Vario, 2 unit Sepeda Motor Honda Supra, 1 unit sepeda motor Suzuki Shogun. Dan dalam kebakaran tersebut sebanyak 18 orang jarus kehilangan tempat tinggalnya dengan total kerugian materil kurang lebih Rp 4 miliar.

Kapolsek Muara Kaman, Iptu Larto mengungkaokan kebakaran bermula dari keterangan salah satu warga di RT 7 pada saat duduk didepan rumah tiba-tiba mendapat informasi bahwa telah terjadi kebakaran dirumah salah satu warga,

Kemudian setelah dilakukan pengecekan ke lokasi kebakaran dan terlihat api dengan cepat membesar. Api pertama kali terlihat atau muncul dari arah belakang rumah warga. Sehingga api menjalar ke arah depan rumah dan mengarah ke samping kanan membakar rumah yang ada disekitar kejadian,

"Pada saat itu kondisi angin cukup kencang sehingga menyebabkan api dengan cepat membesar dan api menjalar kekanan kiri bangunan rumah yang terbuat dari bahan kayu." ujarnya.

Dengan kondisi angin kencang menyebabkan api membesar dengan cepat dan api dengan mudah menghanguskan 18 unit rumah warga dan 5 unit rumah burung walet serta 1 unit mobil dan 4 unit sepeda motor.

Tak berselang lama tim gabungan melakukan upaya pemadaman secara bersama -sama, oleh masyarakat, Polsek Muara Kaman dan Koramil Muara Kaman dengan menggunakan alat Damkar (Mesin Alkon, Mobil Damkar, Mesin pompa dari kapal Tagboat batu bara)

"Dan akhirnya setelah kurang lebih 2 jam api berhasil dipadamkan pada pukul 18.30 wita. Dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat arus pendek / korsleting listrik." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top