• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Wabup H Rendi Solihin saat meninjau MPP Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Keberadaan Mall Pelayanan Publik (Kukar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mulai dirasakan oleh masyarakat. Hal ini dilihat dari hasil survey per bulan Juli 2023 ini tingkat kepuasan masyarakat berada di angka 96,21 persen.

Diketahui sejak MPP beroperasi dan di resmikan pada bulan Desember 2022, capaian MPP selama semester 1 sampai bulan Agustus operasi pelayanan di MPP baru berjalan 8 bulan. Jumlah total pengguna layanan di MPP dari bulan Januari sampai Juli 2023 sebanyak 11.412. Adapun pelayanan terbanyak yakni layanan kepengurusan di bidang kependudukan.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mengatakan bahwa ini pertama kali saat MPP sudah berjalan secara maksimal, seperti pelayanan perijinan yang menjadi kebutuhan masyarakat terus diupayakan maksimal tahun ini.

"Akan kita lihat jika ada yang belum cukup akan dikaji dan bahas lagi. Sehingga tahun depan semua layanan di MPP Kukar bisa melayani secara maksimal. Meski memang pelayanan yang ada sekarang ini sudah sangat baik." kata Rendi saat berkunjung ke MPP Rabu (6/9/23).

Rendi juga mengungkapkan kalau bicara tentang kepuasan publik, dan dimulainya dari Sumber Daya Manusia (SDM). Terlepas dari peralatan dan kelengkapan lainnya, yang palig penting adalah kesiapan SDM di MPP untuk memberikan pelayanan optimal.

"Karena berdasarkan pengakuan masyarakat yang hari ini datang ke MPP, mereka semuanya bilang disini nyaman tempatnya. Ini memang hal yang diperlukan, pelayanan yang baik. Dan alhamdulillah di 2023 ini, Kukar bisa menjadi Kabupaten pertama di Kaltim yang menghadirkan MPP. Ketika pelayanan kita optimal dan maksimal bahkan bisa sejajar dengan kota-kota besar itu menjadi keberhasilan kita dalam pelayanan publik." ungkapnya.

Untuk itu pelayanan ini harus terus ditingkatkan. Ia juga minta seluruh pihak yang berkaitan di MPP mendapatkan pelatihan dan evaluasi. Jangan sampai salah satu instansi/lembaga bisa merusak citra MPP ini.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Alfian Noor menyebutkan pelayanan di MPP ini ada 437 layanan. Dan saat ini diisi oleh 24 tenan dari instansi pertikal, OPD terkait, BUMD, BUMN dan Perbankan.

Diantaranya Kantor Imigrasi kelas 1 Samarinda, Pengadilan Agama tenggarong kelas 18, Kantor Kementerian Agama Kukar, Kejaksaan Negeri Kukar, Pengadilan Negeri 18 Tenggarong, Kantor Pertanahan Kukar, Polres Kukar, Kantor Samsat Kukar, Dinas Kesehatan KUkar, DPMPTSP Kukar, Disdukcapil, Dinas Transmigrasi dan Ketenaga Kerjaan Kukar, Disdikbud, Bappenda, BRI Cabang Kukar, Bank Kaltimtara, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tenggarong, Kantor Pos Tgr, PT. TASPEN, Kantor Pegadaian Ter, BPJS Ketenagakerjaan cabang Tgr, PERUMDA Tirta Mahakam.

Serta masih ada beberapa tenan lagi yang akan dibuka, sambil mempersiapkan fasilitas sarana dan prasarananya serta penandatanganan kerjasamanya. Di MPP Kukar juga menyediakan balai nikah, yang telah digunakan oleh beberapa Masyarakat kita yang akan melangsungkan akad nikah.

"Kami berharap dengan adanya MPP Kukar, kami akan terus melakukan upaya upaya inovasi yang tujuanya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam berurusan. Alhamdulillah saat ini respon masyarakat terhadap MPP sangat baik, itu bisa kita lihat dari tingkat kepuasan masyarakat yang setiap bulanya terus meningkat." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top