• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) – Berkendara dengan baik dan benar tentunya harus dilakukan oleh semua pengendara sepeda motor agar bisa meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan berkendara. Kesadaran keselamatan berkendara ini harusnya mulai diperhatikan agar dapat mengemudi dengan aman dan nyaman.

Sadar akan pentingya menjaga kesadaran keselamatan berkendara, Astra Motor Kaltim 2 melalui Fajrin Nur Huda selaku Safety Riding Officer Main Dealer hadi membagikan tips #Cari_Aman yang dapat digunakan masyarakat ketika sedang berkendara di jalan.

"Pengendara sepeda motor yang setiap harinya melakukan aktivitas berkendara sebaiknya tetap menjaga keselamatan agar terhindar dari kecelakaan. Kecelakaan saat berkendara dapat diminimalisir dengan selalu menerapkan tips #Cari_Aman berikut jika sedang berkendara menggunakan sepeda motor," tambah Fajrin.

Lebih lanjut Fajrin membeberkan beberapa tips yang perlu diperhatikan saat berkendara agar selamat sampai tujuan, yakni :

1. Perlengkapan Berkendara
Sebelum berkendara di jalanan, kamu harus memperhatikan kelengkapan berkendara. Mulai dari helm, kaca spion, sarung tangan. Pastikan juga kondisi kendaraanmu sudah siap untuk dibawa ke jalanan.

2. Patuhi Rambu Lalu Lintas
Meskipun kamu buru-buru, jangan pernah melanggar rambu lalu lintas. Jangan juga melewati trotoar, karena ini akan membahayakan dirimu dan juga para pejalan kaki. Jadilah pengendara yang sabar dan taat pad arambu lalu lintas.

3. Jangan Menggunakan HP Saat Berkendara
Mengingat banyaknya kasus kecelakaan terjadi karena menggunakan ponsel saat bekendara, sebisa mungkin tahan dulu untuk tidak membalas chat ataupun tidak menelepon saat di jalan.

4. Siapkan Jadwal Keberangkatan
Siapkan jadwal sebaik mungkin dan memperhitungkan waktu tempuh yang dibutuhkan. Jangan sampai kebut-kebutan dan tidak menghargai hak pengguna jalan lainnya dan menimbulkan bahaya.

5. Perhatikan Penggunaan Lampu Sein
Pada dasarnya, lampu sein berfungsi sebagai penanda kalau kamu akan belok atau bemanuver saat berkendara. Jadi, ingat ya untuk menyalakan lampu sein sesuai dengan ke mana kamu akan belok. Jangan sampai membuat bingung pengendara lain dengan kode lampu sein yang kamu berikan ya!

Apapun kondisinya jangan sampai berkendara motor dengan penumpang lebih dari dua dan pastikan untuk selalu mematuhi keselamatan berkendara demi meminimalkan risiko kecelakaan. karena bagaimanapun keselamatan adalah hal yang utama. (One)

Pasang Iklan
Top