• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Aji Muhammad Ari Junaidi

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam rangka memeriahkan acara Erau tahun 2023, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal menggelar lomba tradisional pada 23-28 September mendatang.

Nantinya akan ada 10 cabang olahraga yang akan di lombakan diantaranya olahraga hempas bantal putra dan putri, belogo ada beregu dan perseorangan, dagongan putra dan putri, begasing,

Kemudian olahraga hadang putra dan putri, kelom panjang putra dan putri, menyumpit ada 4 nomor, ketapel 1 nomor, enggrang putra dan putri, panahan tradisional 4 nomor lomba yang diperlombakan

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni, melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Aji Muhammad Ari Junaidi mengatakan bahwa cabang olahraga yang dilombakan tersebut semuanya sudah ditandingkan di kelas nasional.

"Untuk pelaksanaannya tersebar, ada yang di halaman planetarium, depan museum sampai ke Taman Kota Raja. Nanti kita menyesuaikan venu yang disediakan oleh panitia erau." ujar Aji Ari Senin (21/8/23).

Sementara dalam peserta dalam lomba ini dibuka untuk Kaltim umumnya dan Kukar khususnya. Biasanya dari kecamatan-kecamatan yang mengirimkan perwakilan. Tapi tahun tahun sebelumnya ada dari Sangatta, dan Bengalon yang ikut serta memeriahkan lomba ini.

"Kami dari Dispora menggelar lomba ini selain tujuannya untuk memeriahkan dan mensukseskan erau dilakukan juga pembinaan atlet atlet berprestasi untuk mengikuti ditingkat nasional. Tapi tujuan utama adalah untuk memasyarakatkan olahraga. Jadi membudayakan masyarakat untuk berolahraga baik itu olahraga tradisional, olahraga rekreasi, olahraga tantangan ataupun olahraga prestasi." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top