• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pelatihan Pelatih Fisik Dasar Level 1 Nasional Diikuti Sebanyak 40 Peserta

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pelatihan Pelatih Fisik Dasar Level 1 Nasional tahun 2023. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dan berlangsung selama tiga hari yakni 28-Juli di Hotel Singgasana, Tenggarong.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, mengatakan bahwa ini adalah kali kedua Dispora Kukar mengadakan pelatihan pelatih fisik dasar level 1 tingkat nasional. Pelatihan pertama dilaksanakan pada bulan Maret sebelumnya.

Pelatihan ini melibatkan peserta dari 19 cabang olahraga (cabor) yang belum terlibat dalam pelatihan sebelumnya. Dispora Kukar juga bekerja sama dengan Asosiasi Tenaga Keolahragaan (ATKOR) dalam menyelenggarakan pelatihan ini.

"Pelatihan ini berfokus pada olahraga yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan Sekolah Sepak Bola (SSB). Namun, yang menjadi prioritas kami adalah para pelatih di dalam Program Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD)." kata Ali Jum'at (28/7/23).

Aji Ali Husni mengungkapkan bahwa pelatihan ini penting dilakukan, karena setiap level atlet yang akan mewakili daerahnya di tingkat provinsi atau nasional harus didampingi oleh pelatih yang bersertifikasi. Sertifikasi pelatih ini menjadi bentuk legalitas dan menunjukkan pendidikan serta kualifikasi yang dimiliki oleh pelatih tersebut.

"Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) terutama di kalangan pelatih. Para pelatih akan diberikan pendidikan teori dan strategi yang akan meningkatkan kualitas mereka dalam mendampingi atlet-atlet yang berkompetisi." jelasnya.

Untuk selanjutnya pelatihan ini, peserta diminta untuk menyusun rencana program, termasuk jadwal latihan selama 6 bulan ke depan. Kemajuan kinerja peserta akan dievaluasi setelah 6 bulan.

"Pelatihan ini adalah komitmen kami Dispora untuk meningkatkan kualifikasi para pelatih lokal. Diharapkan, selain memiliki atlet berprestasi, pelatih-pelatihnya juga harus memiliki sertifikasi yang berstandar nasional." ujarnya.

Ia menambahkan, dalam anggaran perubahan selanjutnya, Dispora telah mengalokasikan dana untuk tiga kelas pelatihan lagi, yang akan diakomodir oleh cabang olahraga yang sudah masuk dalam DBON.

"Harapan kami dengan adanya pelatihan ini, para pelatih yang memiliki kemampuan nyata di lapangan akan mendapatkan sertifikasi resmi. Ini bertujuan untuk lebih meningkatkan profesionalisme dan kualitas pembinaan olahraga di Kukar." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top