• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah terbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: B-1827/TAPEM/OTDA/065.11/07/2023 tentang Pelaksanaan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih secara serentak di wilayah Kabupaten Kukar.

Surat edaran ini diterbitkan dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 400.10.1.1/1965/SJ Tanggal 7 April 2023 perihal: Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023.

Serta memperhatikan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 400.10.1.1/5736/Polpum Tanggal 20 Juni 2023 perihal Pelaksanaan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023,

Dalam SE tersebut Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan, bahwa pembagian dan pemasangan bendera merah putih yang merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia.

"Adapun tujuannya untuk memupuk rasa nasionalisme dan gotong royong serta untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia," ujarnya.

Gerakan pemasangan bendera merah putih Tahun 2023 dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli sampai dengan 31 Agustus 2023.

Dan pembagian ini mengedepankan asas sukarela, gotong royong dan menyenangkan dengan melibatkan pemangku kepentingan, dunia usaha, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta masyarakat secara keseluruhan di wilayah Kecamatan, Kelurahan, Desa dan RT di Kabupaten Kukar.

Kemudian untuk pelaksanaanya mulai Minggu, 30 Juli 2023 Pukul 06.00 WITA sampai dengan selesai bertempat di wilayah Kecamatan/Kelurahan/Desa dan wilayah RT masing-masing yang di atur secara langsung oleh Camat, Lurah, Kepala Desa dan Ketua RT

Selain di Kecamatan dan Desa pembagian dan pemasangan bendera merah putih serentak tingkat Kabupaten turut melibatkan seluruh OPD, BUMN, BUMD, Perbankan, Partai Politik, Pelajar, Pramuka dan elemen masyarakat.

Khusus di Kecamatan Tenggarong akan diawali pembagiannya oleh Bupati Kukar di Rumah Jabatan Bupati bersama Forum RT di Kecamatan Tenggarong dan melaksanakan Konvoi Kemerdekaan menggunakan kendaraan Roda 2. (*dri)

Pasang Iklan
Top