• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam rangka menyambut Festival Kota Raja yang akan diselenggarakan pada bulan September 2023 mendatang, Komunitas Tenggarong Kutai Carnival (TKC) menggelar workshop perancangan busana.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kukar, David Haka bertempat di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Senin (24/7/23).

David Haka mengatakan Festival Kota Raja merupakan acara karnaval yang akan diadakan di Kota Tenggarong, tepatnya di bulan September mendatang. Untuk itu, Komunitas Tenggarong Kutai Carnival (TKC) tengah melakukan persiapan dengan menggelar workshop perancangan busana Carnival.

"Workshop ini bertujuan untuk mempersiapkan para talent penggiat perancangan busana agar bisa tampil dengan baik dalam acara karnaval tersebut." ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa workshop tersebut mengangkat tiga tema dasar busana, yaitu Trenggiling, Kedaton Kutai Kartanegara Ing Martadipura, dan 3 danau.

Adapun peserta workshop, sejumlah 30 orang talent, akan fokus membuat dasar-dasar bahan kostum sesuai dengan karakter yang telah ditetapkan berdasarkan ketiga tema tersebut.

David Haka, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi dari TKC untuk mempersiapkan para talent dalam merancang busana yang unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kami berharap agar TKC bisa melibatkan berbagai pelaku ekonomi kreatif lainnya, seperti fotografer, videografer, seni pertunjukan, musik, kuliner, dan sub-sektor ekonomi kreatif lainnya. Dengan demikian, diharapkan pertunjukan dalam Festival Kota Raja ini dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi kreatif, terutama para pelaku UMKM."ungkapnya.

Ketua TKC, Rhivy Dolly, menambahkan bahwa persiapan akan terus dilakukan sebelum tampil dalam acara karnaval tersebut. Pada workshop berikutnya, fokus akan diberikan pada tahap stage, makeup karakter, dan penyelesaian dari kostum yang telah dibuat.

"Harapannya, melalui acara ini, TKC dapat memberikan penampilan yang berbeda dan menarik sehingga dapat menarik minat pengunjung dan turut mendukung program Kukar Kaya Festival."pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top