• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Acara jamuan makan bersama masyarakat yang dihelat di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah menyambut para peserta Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023 dengan acara jamuan makan bersama masyarakat.

Acara tersebut diselenggarakan di lapangan parkir Stadion Rondong Demang Jum'at (21/7/23) malam. Turut hadir Asisten I Setda Provinsi Kalimantan Timur, M. Syirajudin, perwakilan Forkopimda Kukar, Sekda Kukar Dr. H. Sunggono, Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, Ketua DWP Kukar Yulaikah Sunggono, dan Wakil Ketua I TP PKK Kukar Petty Puja Amelia Rendi Solihin serta para kepala OPD, camat dan lurah se Kukar

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa Pemkab Kukar menyambut peserta dari seluruh Kaltim dengan pesta rakyat makan Bebayaan Beramean (makan bersama meriah). Acara ini menjadi ajang berkumpulnya para pengurus TP PKK dari tingkatan Desa/Kelurahan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi se-Kaltim.

"Tujuan dari acara ini adalah mempererat silaturahmi antara para peserta se-Kaltim dan mempromosikan serta mengampanyekan program-program PKK untuk pemberdayaan keluarga dan masyarakat." ungkap Edi.

Edi mengungkapkan HKG PKK diperingati setiap tanggal 27 Desember sebagai hari untuk menyatukan gerakan dan aktivitas para anggota PKK di berbagai wilayah untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program-program PKK.

Untuk itu implementasi 10 Program Pokok PKK yang menjadi target kinerja para kader TP PKK di semua tingkatan adalah Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.

"Saya mendorong para peserta HKG PKK tingkat Provinsi Kaltim agar bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut." ujarnya.

Ia menambahkan bahwa TP PKK Kukar menggelar berbagai acara, termasuk expo yang diikuti oleh peserta dari 20 kecamatan di Kukar. Expo ini dimaksudkan untuk mempromosikan produk-produk dari pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk membantu peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Kami telah memberikan dukungan modal kepada para pelaku UKM melalui program Kukar Kredit Idaman (KKI) dengan bunga 0 persen. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan dan membantu pelaku UKM dalam membangun usahanya demi kemajuan UKM di Kukar." jelasnya.

HKG PKK tingkat Provinsi Kaltim 2023 juga dirangka dengan acara Pesta Rakyat "Makan Bebayaan Beramean," sebuah tradisi turun temurun di masyarakat Kutai. Acara ini memiliki makna filosofis yang kuat, yaitu memperkuat relasi antar sesama warga masyarakat melalui makan bersama-sama secara meriah.

"Kita semua berharap, semoga agenda pesta rakyat makan bebayaan beramean ini menjadi gambaran kuatnya sinergi antar peserta PKK se-Kaltim dan masyarakat yang terjalin dengan baik di Kukar." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top