• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pelaksanaan job fair Disnakertrans Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Job Fair atau bursa kerja tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara (Kukar) resmi di buka oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, pada Rabu (12/7/23).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Putri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang selama dua hari yakni 12-13 Juli 2023, mulai pukul 08.00-16.00 Wita. Dalam Job Fair ini terdapat 31 perusahan yang beroperasi di Kukar. Puluhan perusahan tersebut berpartisipasi untuk memberikan kesempatan bagi pencari kerja yang masih menganggur.

Adapun lowongan yang dibuka untuk jabatan ada sebanyak 156 jabatan, dan untuk lowongan pekerjaan ada 1.412 orang. Job Fair ini menyasar kepada masyarakat yang berdomisili Kukar.

Bupati Edi Damansyah mengatakan dalam kegiatan bursa tenaga kerja atau Job Fair ini, terdapat puluhan perusahaan yang berpartisipasi, meskipun di Kabupaten Kukar terdapat sekitar 240 perusahaan yang aktif.

Untuk memastikan koordinasi dan kerjasama antara perusahaan dan Pemerintah Kabupaten melalui Disnakertrans telah memberikan imbauan kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

"Saya berharap agar Job Fair ini tidak hanya dilakukan sekali setahun, tetapi idealnya dilakukan minimal dua kali dalam satu semester atau setiap triwulan. Hal ini dikarenakan banyaknya lowongan kerja baik yang sudah ada (existing) maupun yang akan tersedia karena batas waktu purna tugas bagi pekerja." ungkap Edi.

Edi menginginkan agar informasi mengenai kebutuhan pasar dan lowongan pekerjaan disampaikan melalui Disnakertrans. Hal ini bertujuan agar program pendidikan dan pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

"Dan harapan saya, bahwa persyaratan penerimaan pekerjaan tidak harus membutuhkan pengalaman kerja lima tahun, tetapi berbasis pada keterampilan yang dimiliki oleh para pelamar." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top