• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Desa Muara Enggelam Madi.I

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis yang terletak diatas Danau Melintang, merupakan salah satu daerah penghasil ikan air tawar di Kutai Kartanegara (Kukar). Tak hanya dijual dalam bentuk ikan segara saja, tatapi juga diolah menjadi ikan asin yang mampu meningkatkan nilai jual.

Desa Muara Enggelam yang berada diatas perairan ini memiliki banyaknya potensi perikanan yang menjadi mata pencaharian warga sekitar. Dan tidak adanya jalan darat, sehingga semua aktivitas masyarakat menggunakan perahu sebagai alat transportasinya.

Kepala Desa Muara Enggelam Madi.I mengungkapkan bahwa di desanya mayoritas berprofesi sebagai nelayan, sisanya pegawai. Sehingga tidak heran kalau Muara Enggelam menjadi daerah penyuplai ikan di Kukar.

"Untuk nelayan kami penghasilannya tergantung musim, kalau musim kemarau hasil ikannya melimpah dan kalau musim hujan ikan agak kurang." ungkapnya.

Ia mengatakan dari hasil ikan segar yang diperoleh nelayan seperti ikan baung, jelawat, kendia, biawan, dan haruan dijualnya ke pengepul yang nantinya dikirim ke Tenggarong dan Samarinda. Dan untuk produk ikan asin pemasarannya sudah menembus ke luar daerah seperti Jakarta dan Bandung.

"Selain itu, ada produk lain yaitu ikan asap yang terkenal disana, tapi hasilnya tidak banyak karena bahanya susah dicari yaitu ikan baung." jelasnya.

Ia menyebut untuk saat ini yang tengah dibenahi oleh pemerintah desa adalah maraknya aksi ilegal fishing yang sangat meresahkan. Dimana mereka menguasai, artinya tidak mau berbagi dengan nelayan yang lain.

"Kami berharap dari pemerintah turut serta berperan membenahi ilegal fishing di daerah kami di Hulu sana. Upaya ini dilakukan agar nantinya masyarakat bisa sejahtera dan tidak ada lagi ilega fishing."tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top