• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Launching Polisi RW Polres Kutai Kartanegara

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Polres Kutai Kartanegara (Kukar) melaunching Program Polisi RW, yakni bentuk tugas dan tanggungjawab serta pembinaan Kamtinmas tingkat RW. Acara ini dirangkai dengan apel gabungan yang dipimpin oleh Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena bertempat di Halaman Mako Polres Selasa (16/5/23).

Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena mengatakan Launching polisi RW Polres Kukar merupakan program Baharkam Polri sebagai wujud postur Polri yang prediktif. Dan bentuk integritas semua fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai pengemban Polmas di tingkat RW.

"Pada program ini sebanyak 141 personil Polres Kukar dengan rata-rata satu polisi membina 3 sampai dengan 10 RT akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab pembina kamtibmas tingkat RW. Adapun jumlahnya 2.764 RT yang masuk wilayah hukum Polres Kukar yang nantinya akan mendengarkan langsung keluhan masyarakat dan akan melakukan program solving." jelasnya.

Dengan adanya program ini dimaksud untuk memudahkan dan mendekatkan masyarakat dengan polisi dengan mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri yang mantap.

Ia mengungkapkan seperti diketahui bahwa, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki masyarakat yang sangat heterogen terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Ditambah kondisi geografis yang cukup luas jumlah kecamatan di wilayah hukum Polres Kukar Tahun 2023 sebanyak 18 Kecamatan desa dan kelurahan sebanyak 213 dengan jumlah RT 2.764.

Sementara keberadaan anggota Polres Kutai Kartanegara yang melayani masyarakat masih kurang, sehingga dibutuhkan suatu inovasi dan akselerasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Untuk menghadapi dinamika Kamtibmas yang terus berubah berbagai macam strategi kepolisian dikembangkan untuk menjawab tuntutan zaman saat ini.

"Adanya program polisi RW diharapkan mampu mengimbangi dinamika Kamtibmas dimaksud sehingga kita dapat mengelola situasi konflik masyarakat yang terkendali dengan baik."katanya.

Ia menambahkan peluncuran Polisi RW adalah salah satu upaya dan terobosan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

"Saya berharap keberadaan polisi RW bisa menjadi fasilitator untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Dan kehadiran polisi RW juga jadi momentum bagi kita semua khususnya bagi seluruh anggota Polres Kutai Kartanegara agar lebih mendekatkan diri lagi dengan masyarakat." tutupnya.

Pada acara itu hadir Wakapolres Kukar Kompol Angga Indarta dan jajaran, Kasdim 0906/KKR Kapten Inf Mahfuzd, Perwakilan Pemerintah Daerah, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Lurah dan Kepala Desa, dan perwakilan Ketua RT. (*dri)

Pasang Iklan
Top