• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Wisata Alam Desa Bangun Rejo

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang terus kembangkan potensi yang ada di daerahnya. Salah satunya potensi pariwisata yang kini dapat menarik wisatawan yaitu Wisata Bukit Mahoni.

Wisata yang menawarkan keindahan alam yang memadukan dengan pertanian ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur H Hadi Mulyadi, pada Maret 2023 lalu. Setelah dibukanya wisata tersebut antusiasi masyarakat untuk mengunjungi bukit mahoni sangat tinggi.

Hal tersebut membuat Pemerintah Desa terus berupaya mempercantik wisata tersebut agar tetap memberikan tempat hiburan dan wisata yang nyaman, menyenangkan bagi pengunjung.

Kepala Desa Bangun Rejo Suprapto mengatakan potensi pariwisata di Bangun Rejo sudah berjalan dengan Pokdarwis. Wisata Bukit Mahoni, yang memiliki pohon mahoni berumur 35 tahun seluas 1 hektare. Sangat potensial, karena dirikan sebagai objek wisata pengunjung tapi bisa menikmati fasilitas dan tempat untuk mencari makanan.

"Seperti ibu-ibu PKK, IRT dan UMKM bisa menghasilkan pendapatan dengan stan yang ada. Dan untuk kunjungan wisata bukit mahoni ini pernah mencapai 2.500 per hari di Minggu."ungkap Suprapto Selasa (9/5/23).

Ia mengungkapkan dalam wisata ini ada ternak lebah, kolam renang, pertanian dan peternakan kambing yang sedang dikembangkan sehingga menghasilkan pendapatan bagi desa, untuk masuk cukup bayar Rp 5 ribu. Selain itu, pengunjung yang datang telah siapkan konsep penjualan makanannya menyesuaikan kebutuhan.

Ia menyebut untuk pendapatan dari wisata ini bisa mencapai Rp 1-2 Juta per hari untuk UMKM. Makanya untuk itu Pemerintah Desa upayakan untuk konsisten, tinggal bagaimana nanti dilanjutkan pengembangannya.

"Kedepan saya ingin ada wisata lebih besar lagi. Saat Kemendes datang saya sampaikan keinginan visi embung raksaza bekas galian tambang menjadi three in one (tiga dalam satu). Satu wisata air, satu embung bisa menjadi perairan sawah dan menjadi ternak ikan air tawar. Saya juga lagi ciptakan alun-alun untuk UMKM di Bangun Rejo." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top