• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Desa Kahala Kecamatan Kenohan Kutai Kartanegara

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Desa Kahala, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara dikenal dengan wisata hutan anggrek. Dimana wisata tersebut menawarkan berbagai keindahan berbagai jenis anggrek.

Selain sektor pariwisata, Desa Kahala juga memiliki potensi desa untuk dikembangkan yakni pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Kepala Desa Kahala, Mahlan mengatakan saat ini sektor pertanian di Desa Kahala telah banyak dikeloala oleh masyarakat sendiri, ada juga dari desa karena ada lahan seluas 150 hektar diantaranya 100 hektar untuk masyarakat dan 50 hektarnya dikelola oleh desa.

"Sementara untuk pengelolaannya belum melalui Bumdes karena dananya masih terbatas. Sehingga kami berharap nanti juga dikelola oleh Bumdes." ujar Mahlan.

Mahlan menyebutkan kebanyakan masyarakat di desanya bermata pencarian perikanan, pertanian dan perkebunan. Untuk pertaniannya disektor padi, dan perkebunannya sawit dan karet.

Kemudian dari penghasilan produk ikan lumayan besar. Namun akan diupayakan untuk bisa dipasarkan ke luar daerah. Mengingat Kahala ini masih dalam proses pembenahan, pembinaan di kelompok perikanan.

Kalau pembudidayaan sudah bagus akan diserahkan produknya ke Bumdes. Ia berharap ada bantuan bibit, dan ada pembinaan dari Kabupaten dan Desa.

"Kami juga berharap dari tiga bidang itu pertanian, perikanan dan pariwisata agar diperhatikan. Karena pembangunan desa ini masih terpaku pada Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan bantuan keuangan masih terlalu kecil, bila ada ditopang dari dana Kabupaten mungkin akan lebih cepat pembangunannya." ungkap Mahlan. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top