• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Selain cara menggunakan sepeda motor dengan benar, perawatan sepeda motor juga perlu diperhatikan agar performa mesin tetap optimal ketika digunakan. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para pemilik sepeda motor adalah memanaskan mesin motor setiap pagi. Hal ini guna membuat mesin sepeda motor tetap awet sekaligus membuat kondisi motor tetap prima.

Memanaskan mesin sepeda motor merupakan hal yang cukup umum didengar di masyarakat. Lantas, apakah fungsi sebenarnya memanaskan sepeda motor setiap pagi? Berikut ini merupakan fungsi dari memanaskan sepeda motor setiap pagi:

1. Sirkulasi Oli ke Mesin
Memanaskan sepeda motor membuat oli bersirkulasi ke ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik.

2. Charge Aki
Sepeda motor yang jarang digunakan menjadikan aki motor perlu di-charge agar tidak ngedrop, dengan menyalakan sepeda motor membantu aki melakukan charging otomatis ketika sepeda motor telah langsam

3. Suhu Kerja Ideal
Dengan memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan sepeda motor siap untuk digunakan.

Manager Technical Service Astra Motor Kaltim 2, Lucky Roberto mengatakan, ketika mesin sepeda motor lama tidak dipanaskan, oli di dalam mesin akan menjadi dingin. Apabila motor langsung digunakan, maka dikhawatirkan akan membuat mesin mengalami masalah yang berujung kerusakan.

"Alasan kenapa harus memanasi mesin sebelum digunakan adalah karena saat lama tidak dipakai, oli di dalam mesin menjadi dingin. Apabila motor langsung digunakan, maka dikhawatirkan akan terjadi pergesekan setiap komponen yang belum terlumuri oli dan lama kelamaan akan membuat mesin mengalami masalah," ungkap Lucky.

"Tapi seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor seperti hadirnya teknologi PGM-Fi, membuat pemilik sepeda motor tak perlu lagi memanaskan mesin setiap pagi. Karena teknologi PGM-Fi dilengkapi dengan sensor-sensor pendukung yang membuat kinerja mesin jadi lebih sempurna," ambahnya.

Meski demikian, Ia menambahkan bahwa pemilik sepeda motor tetap diperbolehkan melakukan pemanasan mesin dengan catatan melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan. Seperti cukup nyalakan motor dan diamkan beberapa saat tanpa harus memutar-mutar tuas gas. Atau ketika motor sudah lama tidak digunakan sehingga butuh perlakuan khusus agar mesin sepeda motor dapat kembali normal setelah lama tidak digunakan.

Untuk mempertahankan kondisi sepeda motor tetap prima, jangan lupa untuk mempercayakan perawatan sepeda motor Honda di AHASS terdekat, agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya serta yang tak kalah penting, suku cadang yang digunakan 100% asli. Gunakan layanan booking servis dan layanan kunjung agar bebas antri. (One)

Pasang Iklan
Top