• Selasa, 05 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) – Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field menggelar kegiatan bersih sungai bersama para pemangku kepentingan di wilayah Sanga Sanga Dalam, Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (19/03/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) binaan PEP Sangasanga Field, yaitu Program Kelola Sampah Untuk Sejahtera (PRAKARSA).

Kegiatan bersih sungai ini juga sebagai respon terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat. Beberapa tahun terakhir, wilayah yang berdekatan dengan sungai di Kelurahan Sanga-Sanga Dalam mengalami banjir saat curah hujan tinggi. Timbunan sampah yang tidak dikelola dengan baik dan praktik pertambangan yang tidak ramah lingkungan turut memperparah kondisi banjir di wilayah tersebut.

Head of Communication Relations & CID Zona 9, Elis Fauziyah, menyatakan bahwa program bersih sungai ini diharapkan membangun kesadaran berbagai pemangku kepentingan akan pentingnya pengelolaan sampah dan pemeliharaan lingkungan untuk mencegah musibah banjir.

"Pengelolaan lingkungan yang baik adalah tanggung jawab kita bersama. Di industri hulu migas, kami senantiasa menjalankan operasi migas yang selamat, handal, ramah lingkungan, dan patuh terhadap seluruh peraturan yang berlaku sejalan dengan penerapan prinsip ESG (Environment, Social, dan Governance)," ujarnya.

Lebih lanjut, Elis menjelaskan, bahwa sekitar 80 orang hadir dalam kegiatan bersih sungai ini dari warga dan Pemerintah Kelurahan Sanga-Sanga Dalam, Pemerintah Kecamatan Sanga-Sanga, Bhabinkamtibmas Polsek Sanga-Sanga, Relawan Pemadam Kebaran (DAMKAR), Gugus Pramuka, kelompok tani Setaria.

"Fasilitator kegiatan ini adalah Kelompok Karya Teratai, mitra PEP Sangasanga Field dalam Program CSR PRAKARSA," ujar Elis.

Kegiatan bersih sungai dilakukan dengan membersihan sampah di pinggir sungai kawasan RT 14, RT 15, dan RT 16 menggunakan 3 unit perahu.

"Kegiatan ini dijadwalkan menjadi kegiatan rutin tiap dua minggu untuk menjaga kebersihan lingkungan, " pungkas Elis. (One)

Pasang Iklan
Top