• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Ahmad Junaidi

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Perhubungan segera merealisasikan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di 26 Desa yang ada di Kukar. Pengadaan baru dan perawatan LPJU ini sebesar Rp 6 Miliar yang berasal APBD murni 2023.

Kepala Dinas Dishub Kukar, Ahmad Junaidi mengatakan pengadaan LPJU ini bertujuan untuk memberikan keamanan berkendaraan, bagi pengguna jalan dimalam hari. Pengadaan LPJU ini merupakan permohonan masyarakat yang dituangkan dalam musrembang, dan di arahan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah.

"Dari 26 titik ada di daerah pesisir hingga hulu. Prosesnya sudah masuk perencanaan dan selesai akhir bulan ini dan April akan kita lakukan pengerjaan fisiknya. Disamping itu, kita juga akan melakukan perawatan, kalau pengadaan itu khusus desa yang belum ada LPJU, perawatan itu bagi yang sudah ada," sebut Ahmad Junaidi Senin, (13/3/23).

Junaidi mengungkapkan bahwa dalam pengadaan LPJU nanti pihaknya akan mencoba melakukan pemetaan terhadap efektivitas LPJU ini. Dengan melakukan perubahan kontrak daya ke kontrak meter.

Ini dilakukan untuk menghemat tagihan listrik yang selama ini sebesar Rp 20 juta perbulannya terus mati atau hidup 20 juta terus. Kemudian juga kita melakukan perubahan LPJU yang masih menggunakan lampu model lama akan dirubah jadi lampu LED yang tentunya lebih hemat.

"Kami juga mengusulkan penerapan smart LPJU, dimana pada jam- jam tertentu lampu akan redup. Ini bertujuan untuk menghemat penggunaan listrik." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top