• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Edi Damansyah

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menginginkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lakukan percepatan realisasi kegiatan tahun 2023. Mengingat saat ini sudah masuk triwulan pertama dan dari catatan sistem bagian barang dan jasa itu masih sekitar 25 persen yang baru proses lelang dan persiapan kontrak dan kegiatan.

Edi Damansyah mengatakan hal ini dimakluminya karena proses perencanaanny bersamaan dengan kegiatan fisiknya pada tahun berjalan sehingga ada waktu untuk menyelesaikan proses perencanaannya.

"Saya berkeinginan bahwa jajaran juga cepat beradaptasi dengan perubahan. Kalau kondisi realisasi kegiatan tahun berjalan, secara nasional pun jadi persoalan. Makanya ada kelemahan di birokrasi, kenapa secara nasional melalukan kebijakan reformasi birokrasi itu tidak lain untuk merubah minset dan budaya kerja, ini yang kita lakukan di Kukar." kata Edi Senin (13/3/23).

Kemudian, salah satu yang berkaitan dengan reformasi birokrasi yakni ASN berakhlak. Itu semua bagian langkah untuk memperbaiki birokrasi karena kebijakan APBD eksekusinya adalah birokrasi. Oleh karena itu, dirinya terus mendorong bagaimana melakukan perubahan minset dan budaya kerja.

Ia menyebut untuk penyampaian rekap hasil kegiatan OPD, memang tiap bulan terus dikawal. Dibandingkan bulan lalu ada peningkatan realisasi dari program kegiatan yang sudah dilelang maupun yang persiapan pelaksanaan di lapangan.

"Ada beberapa dinas yang pengampu kegiatan besar menyampaikan memang harapan bulan April ini sudah rampung semua, yang berkaitan dengan pengerjaan administrasi. Kemudian kami memastikan bahwa ada 10 kegiatan yang menjadi Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," sebutnya.

Lanjutnya, terus ada 58 kegiatan yang ditetapkan berskala proyek strategis daerah. Ini yang akan ditetapkan dalam keputusan, setelah itu ber MoU dengan Kejari. Tidak lain maksudnya adalah percepatan juga untuk pendampingan,

"Sehingga kepala OPD jangan ragu-ragu bahwa ada MCP KPK yang telah ditetapkan. Saya optimis, 2023 akan lebih baik dari 2022."pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top