• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Perawatan sepeda motor secara berkala penting dilakukan untuk mempertahankan performa sepeda motor tetap optimal. Seiring pemakaian performa sepeda motor akan mengalami penurunan, baik di bagian mesin maupun komponen pendukung lainnya.

Perawatan sepeda motor secara berkala bisa dilakukan dengan mengikuti panduan pada buku pedoman servis sepeda motor yang diberikan saat membeli motor baru. Perawatan sepeda motor secara berkala, akan memberi banyak manfaat bagi pemilik sepeda motor, diantaranya

1. Performa Selalu Optimal
Pemeriksaan dan perawatan secara berkala akan mempertahankan performa mesin dan fungsi komponen pendukungnya selalu dalam keadaan optimal. Di sisi lain, juga akan memperpanjang usia pakainya. Karena potensi kerusakan pada komponen bisa diketahui dan dicegah saat melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala.

Jika perawatan tidak dilakukan secara teratur, kondisi dan performa komponen motor akan menurun dan beresiko mengalami kerusakan yang lebih cepat.

2. Aman dan Nyaman
Dengan melakukan perawatan sepeda motor secara rutin, komponen terkait keselamatan berkendara seperti bagian rem, roda dan ban, kelistrikan atau lampu-lampu dan lainnya akan selalu baik.

3. Pengeluaran Lebih Efisien
Jika seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi optimal, akan membuat performa sepeda motor lebih optimal, baik pada kinerja mesin dan komponen pendukungnya.

Saat mesin bekerja secara optimal, akan membuat proses pembakaran lebih sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. Selain itu, perawatan sepeda motor secara rutin akan memperpanjang usia pakainya sehingga biaya penggantian komponen yang lebih sering dapat dihindari.

4. Harga Jual Kembali Tetap Tinggi
Selain menjaga performa sepeda motor selalu optimal, perawatan sepeda motor secara rutin akan membuat tampilan sepeda motor tetap terlihat rapi dan terawat yang membuat harga jualnya tetap tinggi.

Menurut Lucky Roberto selaku Technical Service Manager Astra Motor Kaltim 2, perawatan sepeda motor secara berkala akan memberi banyak manfaat bagi pemilik sepeda motor. Hal ini tentu dapat mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas akibat kondisi sepeda motor yang tidak optimal.

"Bawalah sepeda motor untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan berkala di bengkel AHASS terdekat. Jangan ragu pula untuk melakukan konsultasi ke bengkel AHASS jika ada bagian motor yang dirasa kurang baik, sehingga keamanan dan kenyamanan berkendara tidak akan terganggu dan performa sepeda motor Honda kesayangan selalu dalam kondisi optimal," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top