• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





BALIKPAPAN (KutaiRaya.com) - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) meresmikan fasilitas HSSE Demo Room sekaligus meraih sertifikat sebagai HSSE Demo Room ke-29 di lingkungan SHU yang telah memenuhi standar Pertamina. Pemberian sertifikat disampaikan oleh Pjs SVP HSSE PT Pertamina (Persero), Suripno kepada General Manager PHM, Krisna yang digelar dalam acara Pembukaan Bulan K3 di Balikpapan Training Center (BTC) (20/1/23) lalu.

Suripno mengapresiasi PHM atas keberhasilannya membangun HSSE Demo Room sesuai standar Pedoman "Pengelolaan HSSE Passport” No. A7-002/S00100/2019-S0. Menurutnya, seluruh Perwira yang berkegiatan di Unit Operasi Pertamina diharapkan dapat mengikuti pelatihan di HSSE Demo Room sebelum memasuki lokasi kerja, agar mampu mengidentifikasi potensi bahaya serta mengendalikannya dengan cepat dan tepat sehingga dapat menghindari terjadinya insiden.

Untuk mendapatkan sertifikat HSSE Demo Room PHM harus melalui tahap verifikasi oleh tim HSSE dari Pertamina Persero pada tanggal 21 Desember 2022. Sertifikasi HSSE Demo Room menandakan Demo Room tersebut sudah sesuai dengan Tata Kerja Organisasi (TKO) dan dapat digunakan untuk pelatihan sehingga mendukung terciptanya positive safety culture di PHM.

Suripno meyakini bahwa Pelatihan Corporate Life Saving Rules (CLSR) di Demo Room dapat menekan angka kecelakaan kerja dan meningkatkan kinerja Pertamina secara keseluruhan untuk mewujudkan kinerja operasi dan HSSE yang handal.

"Dengan level budaya HSSE yang sudah tinggi, PHM perlu meningkatkan populasi kecil yang masih berada di level pathological. Asset Integrity harus dikelola dengan baik karena probability terjadinya major accident akibat Loss of Primary Containment (LOPC) meningkat akibat banyak fasilitas produksi PHM sudah mature," jelas Suripno.

Suripno menambahkan, bahwa hal tersebut sejalan dengan strategi ESG Pertamina, Prevention of Major Accident yang merupakan 1 dari 10 Sustainability Focus Pertamina untuk mendukung aspirasi perusahan energi kelas dunia dengan nilai pasar 100 miliar USD.

Sementara itu, Krisna mengungkapkan kegembiraan atas diresmikannya HSSE Demo Room serta menyampaikan apresiasi kepada seluruh pekerja PHM atas pencapaian yang baik di bidang K3LL sepanjang tahun 2022. Tercatat, PHM mencapai 1660 hari nihil kehilangan hari kerja pada tahun 2022. Pada tanggal 19 Januari 2023 PHM telah kembali menambahkan catatan hingga 1679 nihil kehilangan Hari Kerja dengan total 133.466.890 jam kerja.

"Fasilitas pelatihan 15 CLSR di HSSE Demo Room ini adalah wujud nyata komitmen manajemen PHM untuk meningkatkan budaya keselamatan di wilayah operasi Mahakam dan diperuntukan bagi seluruh Perwira yang berkegiatan di sini," terang Krisna.

Pelatihan 15 CLSR ke depannya akan bersifat wajib bagi Perwira PHM untuk mengetahui informasi penting terkait lokasi kerja serta bagaimana bekerja secara aman untuk berbagai aktivitas. Peserta akan mendapat HSSE Passport setelah mengikuti dan dinyatakan lulus tes pelatihan. HSSE Passport ini kana berfungsi sebagai tanda seseorang diizinkan masuk dan bekerja di fasilitas produksi PHM, yang saat ini sifatnya belum wajib. Efektif mulai 1 Januari 2024 HSSE Passport akan menjadi syarat wajib bagi seluruh pekerja di fasilitas produksi PHM.

Mengingat risiko tinggi di bidang usaha hulu migas, menurut Krisna, CLSR Subholding Upstream memiliki 3 rules lebih banyak dari CLSR PT Pertamina (Persero), yang berfokus pada aktivitas rutin dan non rutin dengan potensi recordable incident yang tinggi.

"HSSE Demo Room adalah salah satu wadah implementasi CLSR Pertamina untuk pengendalian risiko agar seuruh aktivitas operasi hulu migas dapat dilakukan secara aman dan selamat," tambah Krisna.

HSSE Demo Room PHM ini mengusung tema segar dan nyaman, serta mendukung langkah efisiensi melalui pemanfaatan aset tak tak terpakai untuk beberapa alat peraga. Melalui alat peraga bekas pakai ini, para peserta pelatihan juga dapat mengamati dan berdiskusi dengan trainer tentang kondisi alat-alat yang layak dan tidak layak pakai. HSSE Demo Room PHM selanjutnya akan diusulkan sebagai tempat pelaksanaan Training of Trainer (ToT) Demo Room di Provinsi Kalimantan Timur. (One)

Pasang Iklan
Top