• Selasa, 05 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sayid Fatullah

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera melakukan revitalisasi Pasar Tangga Arung yang berlokasi di Jalan Maduningrat, Kecamatan Tenggarong dengan total anggaran sebesar Rp 236 Miliar melalui dana APBD Kukar.

Untuk melakukan revitalisasi tentu harus melalui beberapa tahapan, selah satunya pendataan para pedagang di pasar Tangga Arung yang nantinya akan dipindah ke tempat sementara.

Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Sayid Fatullah mengatakan bahwa untuk relokasi saat ini masih berproses pendataan pedagang Pasar Tangga Arung yang ada di dalam lingkungan Pasar Tangga Arung, mendata by name by address, kemudian mendata para pendatang yang aktif membayar sewa, toko petak dan kios.

"Sementara ini data dari kami kurang lebih 700 an pedagang lah, dari berbagai macam jenis pedagang. Data itu diperlukan untuk persiapan membangun kapasitas pasar tangga arung yang baru nantinya, biar bisa tertata lebih rapi, lebih tertib, dan lebih modern. Untuk pendataan pedagang ini ditargetkan pertengahan tahun ini sudah selesai. "kata Fatullah Senin (30/1/23).

Fatullah mengungkapkan terkait relokasi pedagang pasar tangga arung memang rencana awal di Pasar Jonggon tapi itu berubah, pindah ke belakang pasar itu sendiri dan lagi pematangan lahan, nanti di semenisasi dibangun, pedagang di sediakan tempat sementara.

"Pendataan ini salah satunya untuk memindah pedagang yang ada, nanti mungkin di bangunkan lapak sementara. Jadi mereka tetap bisa berjualan, tanpa mengganggu aktivitas berjualan mereka, jadi begitu selesai di belakang di pindahkan, baru di bongkar di depan."jelasnya.

Sementara untuk pemindahan pedagang ini direncanakan setelah lebaran. (*dri)

Pasang Iklan
Top