• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Acara Milenial Fest 2022

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar bersama dengan Dinas Pariwisata terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda dalam rangka mempersiapkan menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satunya dengan menggelar Milenial Fest yang dilaksanakan di Gedung Bela Diri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Selasa (20/12/22).

Pada acara Milenial Fest ini menghadirkan pembicara Regional seperti Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kukar Aulia Rahman Basri, Plt Ketua Kelraf Akbar Haka, serta mengundang puluhan siswa-siswi dari berbagai SMA/SMK di Tenggarong dan Mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta).

Plt Ketua Kekraf Akbar Haka mengatakan acara ini tujuan utamanya adalah meningkatkan kerangka berpikir dan anak muda di Kukar. Maka yang diundang adalah mahasiswa dan SMA dan komunitas-komunitas.

"Jadi memang kita target bahwa kelak ketika IKN benar-benar pindah, seenggaknya teman-teman yang jadi pemuda lokal itu mindsetnya sudah terbentuknya, bahwa kita tidak menjadi penonton di tempat sendiri." kata Akbar Selasa (20/12/22).

Ia menargetkan tahun depan Milenial Fest bisa digelar lebih besar. Jadi misalkan gedung ini dipakai untuk konferensinya talksow dan segala macam sharing session. Jadi bukan hanya menghadirkan speaker lokal saja, tapi pelaku-pelaku bisnis dikumpulkan di satu tempat,

"Hal itu sudah kita bicarakan di beberapa festival Indonesia. Jadi tahun depan milenial fest target kita selain pembicara nasional yang yang kapabilitasnya lebih oke. Dan juga teman-teman yang bergerak di industri kreatifnya seperti umkm, kuliner, wastra dan lain lain." ujarnya.

Sementara Ketua Kadin Kukar Aulia Rahman Basri mengatakan yang perlu dipahami itu IKN telah pasti, dan pembangunan juga sudah berlangsung. Jadi untuk daerah Kukar harus mulai menyusun konsep Kukar sebagai Mitra IKN. Karena itu tidak boleh hanya sebatas slogan saja. Harus ada upaya nyata dari Kukar, bagaimana caranya menjadi mitra IKN. Salah satunya adalah mengupgrade SDM yang ada,

"Saya mengapresiasi kegiatan Milenial Fest, kegiatan ini sebagai wadah untuk meningkatkan SDM pemuda yang ada di Kukar. Kalau berbicara tentang peningkatan SDM, ini bukan hanya tugas dari Pemkab saja. Akan tetapi masyarakat yang sadar bahwa dirinya warga Kukar seharusnya memiliki rasa tanggung jawab sosial bagaimana caranya Kukar bisa menjadi mitra IKN yang baik. Sehingga dengan hadirnya Milenial Fest ini menyadarkan, bahwa hari ini harus melakukan sesuatu untuk membuat Kukar menjadi mitra IKN yang lebih baik lagi."ungkapnya.

Dia mengungkapkan Kadin Kukar adalah organisasi multi sektoral. Banyak anggota Kadin yang telah bergelut di bidang usaha yang berbeda-beda. Artinya Kukar bisa dikatakan telah siap untuk seluruh sektor. Dan saat ini yang sudah jalan adalah sektor usaha bidang transportasi, sektor pertanian, sektor infrastruktur dan sektor usaha jasa,

"Jadi kita juga berupaya untuk melakukan pembenahan. Sehingga, kita mampu untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan IKN," tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top